Sikap Siswa Terhadap Profesionalisme Guru Berdasarkan Kode Etik di Kelas X-3 SMA Negeri 8 Medan
Main Article Content
Abstract
Guru adalah komponen penting dalam kegiatan mengajar yang tidak hanya bertugas menyampaikan materi, tetapi juga membentuk karakter peserta didik. Profesionalisme guru yang sesuai dengan kode etik profesi menjadi faktor penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru di SMA Negeri 8 Medan menerapkan sikap profesional berdasarkan kode etik profesi keguruan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SMA Negeri 8 Medan telah menerapkan sikap profesional, yang tercermin dari kedisiplinan, keterbukaan terhadap evaluasi, serta komitmen terhadap tanggung jawab mengajar. Selain itu, sikap peserta didik terhadap guru juga menunjukkan rasa hormat dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan kode etik profesi sebagai landasan dalam membangun proses belajar mengajar yang ideal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru berkontribusi besar terhadap terciptanya lingkungan belajar yang positif dan produktif.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Guru adalah komponen penting dalam kegiatan mengajar yang tidak hanya bertugas menyampaikan materi, tetapi juga membentuk karakter peserta didik. Profesionalisme guru yang sesuai dengan kode etik profesi menjadi faktor penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru di SMA Negeri 8 Medan menerapkan sikap profesional berdasarkan kode etik profesi keguruan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SMA Negeri 8 Medan telah menerapkan sikap profesional, yang tercermin dari kedisiplinan, keterbukaan terhadap evaluasi, serta komitmen terhadap tanggung jawab mengajar. Selain itu, sikap peserta didik terhadap guru juga menunjukkan rasa hormat dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan kode etik profesi sebagai landasan dalam membangun proses belajar mengajar yang ideal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru berkontribusi besar terhadap terciptanya lingkungan belajar yang positif dan produktif.