Analisis Persepsi Siswa Terhadap Efektifitas Suvervisi Pembelajaran di UPT SMP Negeri 17 Medan
Main Article Content
Abstract
Supervisi pembelajaran adalah upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membantu guru menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa melihat supervisi pembelajaran efektif di UPT SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan 25 siswa di kelas VIII–9 diminta untuk menjawab angket yang mengukur keterlibatan supervisor, kenyamanan belajar, dan dampak supervisi terhadap motivasi siswa. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif tentang keterlibatan supervisor, dengan skor efektivitas supervisi sebesar 79,8%, yang merupakan skor yang tinggi. Siswa mengalami peningkatan pemahaman materi, instruksi guru yang lebih jelas, suasana belajar yang lebih nyaman, dan peningkatan dorongan untuk belajar. Namun, beberapa siswa menilai kehadiran supervisor belum selalu terasa berdampak langsung di kelas, menandakan perlunya pendekatan supervisi yang lebih humanis dan partisipatif
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hidayat, R., & Mulyadi, A. (2023). Peran keterlibatan siswa dalam menilai kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45–56.
Putri, S., & Kurniawan, T. (2021). Pengaruh pendekatan interpersonal dan empatik dalam supervisi pembelajaran. Jurnal Supervisi Pendidikan, 8(2), 78–89.
Rahman, M., & Fitriyah, N. (2020). Pendekatan partisipatif dalam supervisi pembelajaran untuk peningkatan kualitas instruksional. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 98–107.
Rahmawati, D., & Nurhasanah, L. (2021). Supervisi pembelajaran yang edukatif dan demokratis dalam meningkatkan kapasitas guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(3), 112–125.
Suryana, E., & Wibowo, A. (2020). Supervisi pembelajaran: Pendekatan sistematik mendampingi guru. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 34–42.
Susanti, R., & Hartono, S. (2022). Persepsi siswa terhadap atmosfer pembelajaran dan pengaruhnya pada keterlibatan emosional. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(1), 67–75.
Yusuf, M., & Lestari, R. (2024). Supervisi pembelajaran yang menggabungkan struktur dan fleksibilitas emosional. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 22–33.
Zahroh, F., & Amin, M. (2022). Efektivitas supervisi berdasarkan tindak lanjut dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Menengah, 7(2), 55–64.