Penerapan Fungsi Perencanaan Dan Pengorganisasian Oleh Guru Dalam Manajemen Pendidikan Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Elya Siska Anggraini
Josefin Manalu
Muhammad Fahrezi

Abstract

Studi ini membahas perencanaan dan implementasi organisasi fungsi guru dalam manajemen pendidikan sekolah dasar. Perencanaan dan organisasi adalah dua fungsi manajemen utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini meneliti bagaimana guru merancang kegiatan pembelajaran, mengatur program kerja, dan secara efektif mengatur sumber daya dan waktu dalam pengaturan sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan perencanaan sistematis dan organisasi terstruktur, menciptakan lingkungan belajar yang bermanfaat, meningkatkan partisipasi siswa, dan mempromosikan pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil ini menyoroti betapa pentingnya untuk meningkatkan kompetensi keterampilan manajemen guru sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pembentukan sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elya Siska Anggraini, Manalu, J., & Fahrezi, M. (2025). Penerapan Fungsi Perencanaan Dan Pengorganisasian Oleh Guru Dalam Manajemen Pendidikan Di Sekolah Dasar . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(9), 1998–2006. https://doi.org/10.56799/jim.v4i9.10201
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, &, Kholik, & A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan. Issue November. https://doi.org/10.34125/jmp.v8i1.1151

Banurea, R. D. U., Simanjuntak, R. E., Siagian, R., & M.Pd., H. T. (2023). PERENCANAAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 88–99.

Dodi, L. (2018). Nilai Spiritualitas Sayyed Hossein Nasr dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 71–90.

Enoch, Y. (1992). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Bumi Aksara.

Ibad, T. (2022). Implementasi Manajemen Modern Pada Pengelolaan Pendidikan Tinggi Agama Islam. Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 13(1), 104–116. http://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/In%0A dex.Php/Dks/Article/View/332

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Deepublish.

Murtopo Bahrun Ali Atikhah, L., & Nuni Nurbaety. (2018). EVALUATIF PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN. Journal Cakrawala IAINU Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 91–105.

Rama, A., Giatman, M., Maksum, H., & Dermawan, A. (2023). Konsep Fungsi dan Prinsip Manajemen Pendidikan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 130. https://doi.org/10.29210/1202222519

Salim & Fadhila. (2022). PENGORGANISASIAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 68–76.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sitem Pembelajaranv. Prenada Media Grup.

Siti Ulyani, A., & Zohriah, A. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 11–22. https://doi.org/10.34125/jmp.v8i1.1151

Udin Syaefudin Saud, A. S. M. (2007). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Remaja Rosda Karya.

Wildansyah Lubis, Aman Simaremare, Mirza Irawan, N. A. pristanti. (2025). PROFESI KEPENDIDIKAN (A. Yuhdi (ed.); cetakan 1,). cv. Obelia Publisher.