Peran Bimbingan Konseling Sebagai Motivator Dan Pemenuhan Kebutuhan Belajar Siswa Di Sekolah
Main Article Content
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mendukung perkembangan belajar siswa secara utuh baik dari diri sendiri, sosial, maupun akademiknya. Bimbingan dan konseling terdua yaitu bimbingan dan konseling dimana keduanya memiliki pengertian yang berbeda namun saling berkaitan. Berdasarkan penjelasan tersebut peran bimbingan dan konseling sangat penting. Seorang guru bimbingan konseling (BK) memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan siswa. Guru BK sebagai fasilitator serta pembentukan karakter peserta didik. Namun, ternyata belum semua sekolah mengoptimalkan peran guru BK. Secara umum, konseling merupakan bagian dari layanan bimbingan yang lebih khusus. Bimbingan dan konseling juga harus mempertimbangkan bahwa masalah yang dihadapi siswa bisa juga berasal dari dalam diri maupun pengaruh lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat).
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Astuti, N. W., Yuline, & Wicaksono, L. (2023). Analisis Pemahaman Fungsi Bimbingan Konseling pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untan.
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 61–69.
Prawitasari, I. (2020). Implementasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di masa pandemi covid-19: a literature review. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 3(2), 123-130.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanti, R. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rizqiyah, M. (2017). Peranan guru BK dalam membantu penyesuaian diri siswa baru di Smp IT Abu Bakar Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(2).
Suhertina, D. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra.
Syaefudin Saud, U. (2017). PENGEMBANGAN PROFESI GURU (Riduwan (ed.);
CETAKAN KE). ALFABETA CV.
Thorifah, S. B. A. A., & Darminto, E. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 11-18.
Yulianti, Y., Putri, S. N., Nuramita, N., & Husna, N. (2023). Literature Review: Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3).
Zulhendri, & Ediputra, K. (2022). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Pekanbaru [Laporan Penelitian]. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.