Efektivitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas layanan Bimbingan dan Konseling (BK) yang ada di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Layanan BK merupakan salah satu fasilitas penting yang disediakan oleh setiap sekolah di Indonesia, termasuk di sekolah ini. Peran guru BK sangat penting dalam membantu siswa menyelesaikan berbagai permasalahan, baik yang berkaitan dengan akademik, sosial, maupun pribadi. Dalam penelitian ini, akan dibahas secara menyeluruh mengenai bagaimana layanan BK dilaksanakan di sekolah tersebut. Penelitian ini juga ingin mengetahui apakah di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan terdapat guru BK laki-laki, mengingat pada umumnya jumlah guru BK laki-laki sangat sedikit dan jarang terlihat di lingkungan sekolah. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji karena bisa jadi berdampak pada pendekatan atau gaya pembimbingan yang dilakukan. Selain itu, penelitian ini akan menggali lebih dalam bagaimana strategi atau cara yang digunakan oleh para guru BK dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dialami siswa, serta layanan-layanan apa saja yang disediakan oleh pihak BK untuk menunjang perkembangan dan kesejahteraan siswa di sekolah. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan gambaran yang jelas tentang peran dan efektivitas layanan BK di sekolah tersebut.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anwar, F., Negeri, U., & Unp, P. (2016). Patterns of character education of primary school students. Pendidikan Karakter, 2(1), 156–166. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/12045/8608
Darul, U., & Email, U. J. (2017). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 01(02), 86–102. https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/view/234/158
Diana Nadifa, & Ahmad Ihwanul Muttaqin. (2023). Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Amaliyah Yaumiyyah di Pondok Pesantren Nurul Huda. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i1.2277
Fiandi, A. (2023). Upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 661–665. https://doi.org/10.5281/zenodo.8344462
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Lestari, N. F. (2020). JPdK Volume 1 Nomor 2 Tahun 2020 Halaman 105-109 JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING Research & Learning in Faculty of Education JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING VOLUME 1 NOMOR 2 TAHUN 2020 JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING VOLUME 1 NOMOR 2 TAHUN 2020. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 1(2), 105–109.
Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264–271.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Sheila Natasya Murni, Wahdaniati Bancin, Fitri Nur Azizah, & Arlina Arlina. (2024). Peran Bimbingan Konseling Terhadap Perkembangan Emosional Siswa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(4), 161–169. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i4.1101
Siswa, M. B. (2023). PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Erlis 1 , Basri Basri 2 , Zamratul Aini 3. 634.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2092
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305