Peran Ganda Guru: Kemampuan Wali Kelas Dalam Melakukan Bimbingan Dan Konseling Di Sdn 05 Medan

Main Article Content

Elya Siska Anggraini
Ramlan Anri Sianturi
Michael Josep Sirait

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran ganda guru sebagai pengajar dan konselor di tempat dengan layanan Bimbingan dan Konseling (BK) yang sangat sedikit. Metode kualitatif, observasi, dan wawawancara mendalam yang dipakai di SD Negeri 05 Medan terhadap gutu untuk menganalisis dinamika peran guru, faktor pendukung, dan hambatan dalam layanan bimbingan dan konseling. Temuan menunjukkan bahwa guru dihadapkan pada situasi dimana menjadi seorang guru, selain sebagai pendamping akademik siswa, juga harus bisa berperan sebagai konselor bagi siswa mengingat tidak semua sekolah menyediakan layanan bimbingan konseling. Mereka sebagian besar mengandalkan intuisi dan komunikasi verbal informal, serta kolaborasi dengan orang tua siswa melalui platform digital, untuk mengidentifikasi dan mengelola masalah siswa. Namun partisipasi orang tua yang tidak konsisten dan kurangnya dukungan sistemik (seperti tim psikologis sekolah) menjadi kendala utama. Kajian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan dasar konseling bagi guru, terjalinnya kolaborasi struktural antar pemangku kepentingan, dan sosialisasi metode disiplin modern yang selaras dengan nilai-nilai budaya lokal. Hasil penelitian ini menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan kebijakan pendidikan holistik untuk mengurangi beban emosional guru dan meningkatkan kualitas layanan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elya Siska Anggraini, Ramlan Anri Sianturi, & Michael Josep Sirait. (2025). Peran Ganda Guru: Kemampuan Wali Kelas Dalam Melakukan Bimbingan Dan Konseling Di Sdn 05 Medan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(9), 2019–2024. https://doi.org/10.56799/jim.v4i9.10199
Section
Articles

References

Ardiansyah, Risnita; Jailan, Syahran;. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrument Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam, 1-9.

Aslan; , Wahyudin;. (2020). Kurikulum Dalam Tantangan Perubahan. Medan: Bookies Indonesia.

Khairuzzakiah, Husna; Siregar, Muhammad Fuaz Zaini ;. (2024). Peran Guru BK Dalam Mengatasi Ketidakstabilan Emosional Siswa di SMPN 12 Medan. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1266-1277.

Maharani, Putri Ayu; , Wahono; Rahayu, Aristiana P ;. (2017). PERAN GURU SEBAGAI PENDAMPING. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 47-57.

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Romdona, Siti; Junista, Silvia Senja; Gunawan, Ahmad. (2024). Teknik Pengumpulan Data. Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 39–47.

Sari, Intan Wulan; , Salmiwati; Aprison, Wedra;. (2023). Keterampilan Komunikasi Verbal Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 37-47.

Suryanto, W. (2019). Peran Ganda Guru: Sebagai Pendidikan Orang Tua di Era Digital. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Tihalimah; Falensiah, Teti ;. (2024). Peran Wali Kelas dalam Mendesain Ruang Belajar. Journal of Education Sciences and Teacher Training, 173-192.

Wahyudi, M. A. (2017). Peran Ganda Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Diponegoro Depok, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2548-9496.