Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Main Article Content

Elya Siska Anggraini
Anggi Johari Sitanggang
Maulana Ramadhan Silalahi
Manda Putri Berutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket kepada 30 siswa kelas X3. Hasil analisis menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Tingkat motivasi belajar siswa setelah mendapat layanan bimbingan konseling berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 63,16%. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling dapat menjadi strategi efektif dalam membantu siswa mengenali potensi diri, menetapkan tujuan belajar, serta mengembangkan strategi belajar yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elya Siska Anggraini, Anggi Johari Sitanggang, Maulana Ramadhan Silalahi, & Manda Putri Berutu. (2025). Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(9), 1985–1991. https://doi.org/10.56799/jim.v4i9.10197
Section
Articles

References

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(e-mail: {desy.ayu22@yahoo.com, lulup_tripalupi@yahoo.com, naswan_sh@yahoo.com}@undiksha.ac.id Abstrak), 4.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Komarudin, K., Inayah, L., & Chusni, M. M. (2024). Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas 11 Di SMA Islam Cipasung. 1–6.

Lubis, W. (2025). PROFESI KEPENDIDIKAN. CV. Obelia Publisher.

Mulyadi. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Muslihati, M. (2012). Dimensi-Dimensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. UIN-Maliki Press.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rhineka Cipta.

Rinaldi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Niagawan, 8(3), 148. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15573

Sukardi. (2015). Profesi Kependidikan: Tantangan dan Peluang di Masa Depan. PT RajaGrafindo Persada.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yusuf, S. (2010). Bimbingan dan Konseling untuk SMA. CV. Pustaka Setia.