Manajemen Pembelajaran dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Main Article Content

Nurlina Nurlina
Bahera Bahera
Hadijah Selman
Halima Halima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran manajemen pembelajaran berbasis karakter dalam pembentukan karakter anak usia dini. Dengan perkembangan pendidikan yang semakin menekankan pada pentingnya nilai-nilai moral dan sosial, pembentukan karakter menjadi bagian penting dalam kurikulum PAUD. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber relevansi yang berkaitan dengan manajemen pembelajaran dan pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran yang terencana dan berbasis karakter dapat membantu anak-anak menginternalisasi nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan empati. Penggunaan metode pembelajaran yang terstruktur dan berbasis proyek, serta kolaborasi antara guru dan orang tua, terbukti efektif dalam mendukung pembentukan karakter anak. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti keterbatasan pelatihan guru dan sarana yang tidak memadai, yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran berbasis karakter. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pembelajaran di PAUD yang lebih berorientasi pada pembentukan karakter, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelatihan guru dan penyediaan sarana yang mendukung

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurlina, N., Bahera, B., Hadijah Selman, & Halima, H. (2025). Manajemen Pembelajaran dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(3), 947–957. https://doi.org/10.56799/jim.v4i3.7878
Section
Articles

References

Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90–100. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/....http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/.

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73–81. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Assyifa, S. N., Nurafiani, S., & Prasetyo, T. (2024). Peran Guru Profesional dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SDN Nagrak 02. JIPSD: Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 61–70.

Bahera, & Nurlina. (2024). Manajemen Kepala PAUD dalam Mengefektifkan Produktivitas Guru. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 290–297. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2989

Dacholfany, M. I., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Supriyono, Karsim, & Wahyuni, L. (2024). Analisis Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Pendidikan Karakter. Journal on Education, 6(2), 13835–13842. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5242

Erika, R., Asri, Y. N., & Luthfiah, N. A. (2024). Kompetensi Guru PAUD dan Dampaknya terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Al-Muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(01), 32–44.

Hakim, A., Syahril, S., & Abun, A. R. (2024). Peran Guru Dan Manajemen Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Di Sdit Jaringan Sekolah Islam Terpadu Kota Bandar Lampung. EDUKASI ISLAMI: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001), 1113–1122.

Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini : Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7453–7463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5624

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40–41. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

Muharram. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 15559–15567.

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251–2260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3267/2742

Ningsih, W., Sutiawan, I., Mukhlishin Musyarrafah Sulaiman Kurdi, H., Arum Sekar Sari, W., Wulandari Vandan Wiliyanti, S., Jazuli, S., Murdani Muhammad Iqbal Al Ghozali, E., Sulaiman Kurdi Sri Nurhayati, M., & Tambunan Editor Ahmad Wahyu Hidayat, E. (2023). Pendidikan Karakter. Wiyata Bestari Samasta. https://penerbit.wbs-indonesia.com/

Nur, S., Wahyuni, N., Hamsiah, A., Husnita, L., Nurlina, Faizin, Wahyun, Y. S., Damayanti, M., Jirana, Rahman, S. R., Nurhasanah, S., Sainab, Asmara, A., Yusron, A., Istanti, H. N., Nazmi, R., Sutopo, & Genua, V. (2024). Profesi Keguruan Indonesia. PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Nurlina. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik (pp. 47–75). Get Press Indonesia. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-055-7

Nurlina, & Bahera. (2024). Belajar Melalui Bermain : Seni sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(2), 222–232. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ceria.v7i2

Nurlina, Halima, Selman, H., Muallimah, Usman, & Amalia, W. O. S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(10), 252–260.

Pamuji, Z. (2017). Implementasi Manajemen Pembelajaran Dalam Menanamkan Karakter Disiplin. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2), 235–255.

Pulungan, N. H., & Hayati, N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Hadis. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 528–538.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Rangkuti, E. S., & Harahap, A. S. (2024). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di Paud Nurul Falah Penyambungan Barat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2122–2127.

Rosita, L. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1), 1–26. https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.879

Sabilla, A. S. W., Sa’adah, F. A., Nadhila, J. H., Rochmiati, N. F., Widyanti, Y. I., & Maruti, E. S. (2024). Menyongsong Masa Depan: Membangun Kepribadian Mulia di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 188–192. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5462%0Ahttps://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/5462/4463

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 5(2), 1209–1220. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/811

Salma, S., & Nurlina, N. (2024). Strategi Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.24853/yby.8.1.65-74

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Urfa, M., Fitri, R. R., Herda, S. N., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kendala dan Solusi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Tantangan Global. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(4), 24–30.