Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini: Implementasi Nilai-Nilai Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Pentingnya integritas nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan anak usia dini untuk memperkuat pembentukan karakter dan moralitas anak, menekankan perlunya memastikan bahwa pendidikan akhlak tidak hanya diajarkan secara konseptual, melainkan diimplementasikan secara aktif dalam berbagai aspek kehidupan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki penerapan nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan akhlak anak usia dini melalui studi literatur yang relevan. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur melalui pengumpulan data yang berasal dari artikel, jurnal, dan buku-buku yang relevan dengan fokus kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai metode dan strategi yang digunakan dalam penerapan nilai-nilai agama islam dalam pembentukan akhlak anak usia dini, termasuk penggunaan materi ajar yang relevan, metode pengajaran yang interaktif, dan integrasi nilai-nilai dalam kegiatan sehari-hari.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Fanhas, E., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman: 13-19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1032
Fitriya, A., & Khoiriyah. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama Untuk Meningkatkan Moral Agama Islam Anak Usia Dini Di Pos Paud Kamboja 69 Kabupaten Jember. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(85), 1–23.
Hayati, M. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk TK/RA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 457–472. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938
Iftitah, S. L. (2020). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di TK Islamic Center Surabaya. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 23. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9407
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.
Kaaffah, S., Fajrussalam, H., Rahmania, A., Ningsih, J., Rhamadan, M. K., & Mulyanti, P. (2022). Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Agama Di Lingkungan Multikultural Kepada Anak Sesuai Ajaran Agama Islam. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 289. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7395
Nilawati, S., Hifza, & Ubabuddin. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada PAUD Rezeki Desa Kartiasa Kecamatan Sambas. Educational Journal: General and Specific Research, 2(3), 402–411.
Norrahman, R. A. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Pena Persada Kerta Utama.
Nurlina. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik (pp. 47–75). Get Press Indonesia.
Nurlina, Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429
Rafsanjani, T. A., & Rozaq, M. A. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29.
Rahmawati, Nurlina, Lilianti, Usman, Risnajayanti, Salma, & Amaliah. (2022). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Riami, R., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Penanaman Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 10–22. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.549
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Safitri, L. N., & ‘Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08
Sahrip, S., Najamuddin, N., Sinaga, S. J., & Ramadani, Z. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Maket untuk Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(4), 5516–5522. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3011
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6
Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka Baru Press.
Tarmizi, A., & Sulastri. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80.
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86