Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali

Main Article Content

Fatihul Khoir

Abstract

Pendidikan pada saat ini telah mengalami masa degradasi moral yang ditandai dengan banyaknya kenakalan remaja, seperti: pergaulan bebas, minumam keras, tawuran, narkoba, dan masih banyak lagi hal-hal yang keluar dari akhlaq terpuji. Pergaulan merupakan salah satu penyebab hal-hal tersebut bisa terjadi, dan karena minimnya pengetahuan agama yang mengajarkan tentang akhlaq yang terpuji serta kurangnya kesadaran diri untuk selalu berbuat yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Al-Ghazali. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam kitab Bidayah al-Hidayah karya Al-Ghazali, meliputi: nilai-nilai pendidikan aqidah, nilai-nilai pendidikan ibadah, dan nilai-nilai pendidikan akhlaq.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khoir, F. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 779–784. Retrieved from https://www.ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/view/136
Section
Articles

References

DAFTAR REFERENSI

Daradjat, Zakiah. Dkk. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Agama. (2004). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Mekar Surabaya

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Fadlil Sa’ad An-Nadwi. (2006). Bidayah Al-Hidayah: Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi. Surabaya: Al-Hidayah

Haris, Abd. (2005). Pengantar Studi Islam. Sidoarjo: Al-Afkar Press

Langgulung, Hasan.(2004). Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21. Jakarta : Pustaka Al-Husna

Majid, Nurcholis. (2005). Khazanah Intlektual Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zurkani Jahja, HM. (2006). Teologi Al-Ghazali, Pendekatan Metodologis. Yogyakarta :Pustaka Pelajar

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.