Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali
Main Article Content
Abstract
Pendidikan pada saat ini telah mengalami masa degradasi moral yang ditandai dengan banyaknya kenakalan remaja, seperti: pergaulan bebas, minumam keras, tawuran, narkoba, dan masih banyak lagi hal-hal yang keluar dari akhlaq terpuji. Pergaulan merupakan salah satu penyebab hal-hal tersebut bisa terjadi, dan karena minimnya pengetahuan agama yang mengajarkan tentang akhlaq yang terpuji serta kurangnya kesadaran diri untuk selalu berbuat yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Al-Ghazali. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam kitab Bidayah al-Hidayah karya Al-Ghazali, meliputi: nilai-nilai pendidikan aqidah, nilai-nilai pendidikan ibadah, dan nilai-nilai pendidikan akhlaq.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
DAFTAR REFERENSI
Daradjat, Zakiah. Dkk. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Agama. (2004). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Mekar Surabaya
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Fadlil Sa’ad An-Nadwi. (2006). Bidayah Al-Hidayah: Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi. Surabaya: Al-Hidayah
Haris, Abd. (2005). Pengantar Studi Islam. Sidoarjo: Al-Afkar Press
Langgulung, Hasan.(2004). Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21. Jakarta : Pustaka Al-Husna
Majid, Nurcholis. (2005). Khazanah Intlektual Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zurkani Jahja, HM. (2006). Teologi Al-Ghazali, Pendekatan Metodologis. Yogyakarta :Pustaka Pelajar