Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Nur Mart Kota Gunungsitoli
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Nur Mart Gunungsitoli. Suatu usaha bisnis ritel harus berkerja keras untuk memenangkan persaingan dengan menciptakan nilai yang unggul kepada para konsumen, hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat mempertahankkan citra toko di mata konsumen dengan menggunakan beberapa elemen bauran promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen nur mart Gunungsitoli dan sampel sebanyak 50 responden yang diambil menggunakan Teknik sampling acak sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Sebelum analisis regresi, dilakukan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastistas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. hal ini di buktikan dengan t_hitung sebesar 5,959 yang lebih besar dari t_tabel 0,2732, seta nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi (R-square) menunjukkan bahwa 42,5% variasi dalam keputusan konsumen daapat dijelaskan oleh bauran promosi, sementara 57,5% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luarr model penelitian ini.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3206
Apriani, W. (2023). Analisis Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Di Transmart Tuparev Karawang. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(2), 239–259. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i2.1591
Armandha, Y. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Merek Nmax Di Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Ekonomi, 1(1), 2–3.
Astuti, I. P., & Anggresta, V. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Food Di Jakarta Selatan. Jurnal USAHA, 3(2), 29–35. https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1230
Beddu, M., Teri, Apriyandi, Sapri, S., & Kamariah. (2024). Efek bauran promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Haji Kalla cabang Parepare. YUME: Journal of Management, 7(1), 1181–1187.
Dian Mardiana, rodsiaana sijabat. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543
Diansyah, P. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian Diansyah Program Studi Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2), 854–1442.
Djogo, ony y. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 13(1), 11–16. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v2i1.76
Fakhrudin, A., & Maria Valeria Roeliyanti, A. (2022). Bauran Pemasaran. In Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology.
Ferry, C., Narwastu, C. I., & Winarti, E. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN.
Hasbi, I., & Lestari, A. M. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Warunk Upnormal Bandung. E-Proceeding of Management, 4(1), 2897–2903.
Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239
Khusna, G. K., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin’Donut Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, 11(1), 27–36. https://core.ac.uk/download/pdf/234663429.pdf
Maedina, R. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Hasil Laut Pada Pt. Napucinta Makassar. Jua : Journal of Unicorn Adpertisi, 1(2), 16–22. https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/jua
Metta, A. S., Samudra, A., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Shopeefood (Studi Pada Pengguna Layanan Shopeefood Di Karawang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 64–71.
Muhartini, aejeng afifah. (2021). Adolescent Childbirth with Asphyxia Neonatorum. Analisis Peramalan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana, 1(1), 669–672. https://doi.org/10.30604/jika.v7i2.1507
Ningrum, Lilian Mega Puri, & Eva Ratnasari. (2023). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Toko Qolsa Metro Tahun 2022. Journal of Student Research, 1(1), 394–403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1067
Pijar Guntara, S. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembeli Seragam Futsal Pada Toko Focus Konveksi Di Pekanbaru. Skripsi, 1–90.
Rauf, D. I. ., Muhammad, A. F. ., J.A, D. F., Fitri, N. ., Kartika, A. ., & Sebrina G, A. S. . (2023). The Effect of Company Size and Earnings Management On Corporate Social Responsibility (CSR) In Manufacturing Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange For The 2017-2019 Period. Economics and Digital Business Review, 4(2), 132–136. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.901
Soviyanti, E., & Khairani, Z. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN (Z. Khairani (ed.); Pertama). LPPM Unilak.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan.
Tafonao, A., Waruwu, Y., & Manao, A. (2022). Pengaruh Bauran Promosi (Promotion Mix) Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Nias Selatan, 5(2), 23–33. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/JEB/article/view/534
Tolan, M. S., Pelleng, F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.
Uluwiyah, A. N. (2022). STRATEGI BAURAN PROMOSI (PROMOTIONAL MIX) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. In Multi Pustaka Utama.