Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Wisata Curug Cigentis Di Karawang

Main Article Content

Elvi Nikmatul Jannah
Afina Khoirunnisa
Fajriani Putri Kholisoh
Ajat Sudrajat

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Fasilias Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Curug Cigentis di Karawang. Metoda kuantitatif digunakan dengan survei terhadap 100 respoden. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kedua variabel ini berpengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simutan terhadap kepuasan pengunjung. Kualitas Pelayanan terbukti menjadi faktor dominan. Nilai Rsebesar 0,846 menunjukkan bahwa 84,6% variasi kepuasan dapat dijelaskan oleh fasilitas dan pelayanan. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan fasilitas dan pelayanan unuk meningatkan pengalaman wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jannah, E. N., Khoirunnisa, A., Fajriani Putri Kholisoh, & Sudrajat, A. (2025). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Wisata Curug Cigentis Di Karawang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(6), 8993–9006. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i6.10336
Section
Articles

References

Arinta, Y. N., Nabila, R., Al Umar, A. U. A., Alviani, A. W., & Inawati, Y. (2020). Eksistensi Bank Wakaf Mikro Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 372-378.

Al Umar, A. U. A., Lorenza, L., Savitri, A. S. N., Widayanti, H., & Mustofa, M. T. L. (2020). Pengaruh Inflasi, PDRB, dan UMK Terhadap Tingkat Pengangguran di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017-2019. Jurnal Ekonomi Balance, 16(1), 1-12.

Pitaloka, H., Al Umar, A. U. A., Hartati, E. R., & Fitria, D. (2020). The economic impact of the COVID-19 outbreak: Evidence from Indonesia. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(02).

Benediktus Primus Gunteja, Enny Mulyantari, & Arif Dwi Saputra. (2021). Pengaruh Daya Tarik Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Coffee On The Bus PO. Rejeki Transport Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 4(2), 176–186. https://doi.org/10.36594/jtec/366d8q08

Dan, P., Kreatif, E., Dan, P., & Kreatif, E. (2024). INDONESIA DI WILAYAH EROPA KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF / BADAN.

Febriyani, H. R., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Memorable Tourism Experience dan Perceived Risk Terhadap Revisit Intention Pada Destinasi Wisata Curug Cigentis di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(14), 132–142. https://doi.org/10.5281/zenodo.6982198

Haediyanti, S., Utamaningsih, A., & Lestari, B. (2025). Pengaruh Destination Image Dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Wahana Wisata Di Lembah Tumpang. 02(03).

Irawan, M. R. N., Sayekti, L. I., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Wisata Wego Lamongan. Ecopreneur.12, 4(2), 122. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1008

Islah, K., & Haryani, T. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Tahun 2022. Eligible : Journal of Social Sciences, 2(1), 223–236. https://doi.org/10.53276/eligible.v2i1.74

Ismayanti. (2020). Dasar-Dasar Pariwisata (Sebuah Pengantar). 1–184. http://repository.usahid.ac.id/322/1/Draf Buku Dasar-dasar Pariwisata - Ismayanti %281%29.pdf

Mumtaza, F. A., & Millanyani, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Urbans Travel. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1645–1661. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3242

Rianto, R., & Susanto, P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Wisatawan Untuk Mengunjungi Curug Cigentis Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Bogor Hospitality Journal, 4(1). https://doi.org/10.55882/bhj.v4i1.10

Saphira Wahyu Novitasari, & Moechammad Nasir. (2023). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Inovasi Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Wisatawan Berwisata Di Solo. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(2), 396–410. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i02.1012

Sugiarto, C., & Utari, W. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Eduwisata Lontarsewu Hendrosari. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(2), 138–152.

Widanti, S. W., Subkhan, M., & Endarwati, S. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Museum Benteng Vredeburg Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 541–560. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.485

Wulandari, R. W., Sidanti, H., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 4(3), 1–20.