Pengaruh Promosi Digital Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Kampung Turis Karawang

Main Article Content

Rofrilia Riestiana
Ajat Sudrajat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Promosi Digital dan Citra Destinasi berpengaruh terhadap Minat Berkunjung pada wisata Kampung Turis Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 100 responden menggunakan metode Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil menunjukkan bahwa Promosi Digital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berkunjung, sementara Citra Destinasi berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berkunjung. Temuan ini sangat memengaruhi pengelola untuk lebih memfokuskan strategi pemasaran pada peningkatan citra destinasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riestiana, R., & Sudrajat, A. (2025). Pengaruh Promosi Digital Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Kampung Turis Karawang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(6), 8863–8870. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i6.10212
Section
Articles
Author Biographies

Rofrilia Riestiana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Sebagai Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Semester 6

Ajat Sudrajat

Sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.890

B, A. F., Mustari, M., Tadampali, A. C. T., Tahir, M. I. T., & Nurjannah, N. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpe.v10i1.4271

BPS Jawa Barat. (2023). Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata (Orang), 2023. Badan Pusat Statistik Jawa Barat. https://jabar.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjIwIzI=/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-objek-wisata.html

Destorina, B. V., Pattaray, A., & Ratmaja, R. (2024). Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi terhadap Keinginan Berkunjung Kembali ke Danau Biru Karang Sidemen Lombok Tengah. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora (AJSH), 4(2), 238–244. https://doi.org/https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i1.369

Gofar, S., & Chrismardani, Y. (2024). PENGARUH KONTEN VISUAL DI INSTAGRAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN GEN Z. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 5(2), 64–74.

Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802

Hasibuan, M. (2025). Pengaruh Daya Tarik Wisata , Promosi Digital dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Taman Kelapa Pandan Wangi Labuhanbatu. 2(May), 377–386. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.15478288

Mahmud, A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Digital Dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 6(1), 258–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.921

Mulyana, H. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Minat Berkunjung di Saung Angklung Udjo Bandung. Manajemen Dan Pariwisata, 2(2), 188–208. https://doi.org/10.32659/jmp.v2i2.296

Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. Jambura, 6(1), 225–241. https://doi.org/https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19347

Novta, A., Liestiandre, H. K., & Aridayanti, D. A. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Ubud. Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 37–45. https://doi.org/10.52352/jpar.v21i1.604

Nurhasanah, N., Febriyani, Z. P., & SK, P. (2023). Pengaruh brand ambassador dan social media ads terhadap purchase intention melalui brand image produk skincare ms glow. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 156. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6466

Ratnaningtyas, H., Amrullah, A., & Ingkadijaya, R. (2023). Pengaruh Atraksi Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Dan Peningkatan Pelaku Wirausaha Di Danau Cipondoh. Jurnal Pariwisata, 10(2), 91–99. https://doi.org/10.31294/par.v10i2.15756

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, N., & Rahmanita, M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Kepuasan Pengunjung Pada Monumen Nasional DKI Jakarta. Tourism Scientific Journal, 8(2), 163–173. https://doi.org/10.32659/tsj.v8i2.255

Sholichah, L. F., & Mardikaningsih, R. (2022). ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL, CITRA MEREK, DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SANDAL DAN SEPATU DI KEPUH KIRIMAN WARU. Jurnal Investasi Islam (INVESTI), 27(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/ivi.v5i1.196

Tourism, U. (2023). International Tourism to End 2023 Close to 90% of Pre-Pandemic Levels. UN Tourism. https://www.unwto.org/news/international-tourism-to-end-2023-close-to-90-of-pre-pandemic-levels

Zubdatul, K., Sumastuti, E., & P, R. H. U. (2024). Pengaruh Promosi, Harga, Lokasi, Citra Destinasi dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Karang Jahe Rembang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi Kreatif (JIBEKA), 3(1), 16–27.