Pengaruh Promosi Digital Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Kampung Turis Karawang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Promosi Digital dan Citra Destinasi berpengaruh terhadap Minat Berkunjung pada wisata Kampung Turis Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 100 responden menggunakan metode Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil menunjukkan bahwa Promosi Digital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berkunjung, sementara Citra Destinasi berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berkunjung. Temuan ini sangat memengaruhi pengelola untuk lebih memfokuskan strategi pemasaran pada peningkatan citra destinasi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.890
B, A. F., Mustari, M., Tadampali, A. C. T., Tahir, M. I. T., & Nurjannah, N. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpe.v10i1.4271
BPS Jawa Barat. (2023). Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata (Orang), 2023. Badan Pusat Statistik Jawa Barat. https://jabar.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjIwIzI=/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-objek-wisata.html
Destorina, B. V., Pattaray, A., & Ratmaja, R. (2024). Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi terhadap Keinginan Berkunjung Kembali ke Danau Biru Karang Sidemen Lombok Tengah. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora (AJSH), 4(2), 238–244. https://doi.org/https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i1.369
Gofar, S., & Chrismardani, Y. (2024). PENGARUH KONTEN VISUAL DI INSTAGRAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN GEN Z. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 5(2), 64–74.
Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Hasibuan, M. (2025). Pengaruh Daya Tarik Wisata , Promosi Digital dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Taman Kelapa Pandan Wangi Labuhanbatu. 2(May), 377–386. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.15478288
Mahmud, A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Digital Dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 6(1), 258–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.921
Mulyana, H. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Minat Berkunjung di Saung Angklung Udjo Bandung. Manajemen Dan Pariwisata, 2(2), 188–208. https://doi.org/10.32659/jmp.v2i2.296
Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. Jambura, 6(1), 225–241. https://doi.org/https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19347
Novta, A., Liestiandre, H. K., & Aridayanti, D. A. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Ubud. Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 37–45. https://doi.org/10.52352/jpar.v21i1.604
Nurhasanah, N., Febriyani, Z. P., & SK, P. (2023). Pengaruh brand ambassador dan social media ads terhadap purchase intention melalui brand image produk skincare ms glow. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 156. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6466
Ratnaningtyas, H., Amrullah, A., & Ingkadijaya, R. (2023). Pengaruh Atraksi Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Dan Peningkatan Pelaku Wirausaha Di Danau Cipondoh. Jurnal Pariwisata, 10(2), 91–99. https://doi.org/10.31294/par.v10i2.15756
Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, N., & Rahmanita, M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Kepuasan Pengunjung Pada Monumen Nasional DKI Jakarta. Tourism Scientific Journal, 8(2), 163–173. https://doi.org/10.32659/tsj.v8i2.255
Sholichah, L. F., & Mardikaningsih, R. (2022). ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL, CITRA MEREK, DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SANDAL DAN SEPATU DI KEPUH KIRIMAN WARU. Jurnal Investasi Islam (INVESTI), 27(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/ivi.v5i1.196
Tourism, U. (2023). International Tourism to End 2023 Close to 90% of Pre-Pandemic Levels. UN Tourism. https://www.unwto.org/news/international-tourism-to-end-2023-close-to-90-of-pre-pandemic-levels
Zubdatul, K., Sumastuti, E., & P, R. H. U. (2024). Pengaruh Promosi, Harga, Lokasi, Citra Destinasi dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Karang Jahe Rembang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi Kreatif (JIBEKA), 3(1), 16–27.