Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Menanamkan Nilai Keberagaman Di SD Insan Harapan

Main Article Content

Nanda Dwi Utami
Mahmud Yunus
Hanansya Nur Salsabilla
Nathania Alyfa Syahada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan multikultural dalam menanamkan nilai keberagaman di SD Insan Harapan. Latar belakang kajian ini didasarkan pada pentingnya memahami bagaimana pendidikan multikultural dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan sekolah dasar guna membentuk karakter peserta didik yang toleran, inklusif, dan menghargai perbedaan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural diterapkan melalui kegiatan belajar kelompok, integrasi budaya dalam pembelajaran, pelatihan guru, serta penciptaan lingkungan sekolah yang ramah dan terbuka terhadap perbedaan. Meskipun menghadapi tantangan seperti miskomunikasi antar siswa, kurangnya pemahaman guru, dan keterbatasan fasilitas, sekolah berupaya mengatasinya dengan pelatihan dan edukasi berkelanjutan. Pendidikan multikultural berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan mendukung pembentukan karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Utami, N. D., Mahmud Yunus, Hanansya Nur Salsabilla, & Nathania Alyfa Syahada. (2025). Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Menanamkan Nilai Keberagaman Di SD Insan Harapan. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(5), 6790–6794. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i5.9862
Section
Articles