Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Galungan Melalui Penerapan Metode Permainan
Main Article Content
Abstract
Hasil pengamatan di dalam kelas saat pembelajaran matematika berlangsung, siswa cenderung pasif dan aktivitas belajar matematika siswa sangatlah kurang. Untuk pelajaran matematika rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukannya penelitian ini adalah 50,37 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 33,33%. Nilai ini sangatlah jauh dari standar ketuntasan belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 bulan dengan menggunakan metode permainan dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan melalui tahapan sebagai berikut perencanaan, tindakan observasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data tentang aktivitas belajar, sementara data tentang hasil belajar diperoleh melalui nilai ulangan harian dan prestasi belajar matematika siswa di siklus 1, dan di siklus 2.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, memperlihatkan peningkatan hasil aktivitas siswa, terutama pada aktivitas menyiapkan tempat, bahan dan alat sebesar 55,56%, mengungkapkan gagasan sebesar 66,67% dan membaca aturan permainan dan buku sebesar 74,04%. Berdasarkan data prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,62 meningkat menjadi 73,51 pada siklus II. Persentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 88,88%, meningkat menjadi 100% pada siklus II
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.