Membangun Budaya Self-Learning dalam Digital Workplace: Peran Strategis Self-Awareness dan LMS

Main Article Content

Hafizha Rasyid Hafizha
Erista
Ahmad Badawi Saluy

Abstract

Transformasi digital di tempat kerja telah mengubah paradigma pembelajaran organisasi, menuntut pendekatan yang lebih adaptif dan mandiri terhadap pengembangan kompetensi karyawan. Studi ini mengeksplorasi peran strategis kesadaran diri dan analitik LMS dalam membangun budaya belajar mandiri di tempat kerja digital. Melalui analisis literatur yang komprehensif dan studi kasus implementasi di berbagai organisasi, studi ini mengidentifikasi faktor-faktor utama yang memengaruhi efektivitas budaya belajar mandiri. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif. Pendekatan ini dipilih untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang fenomena kompleks implementasi budaya belajar mandiri. Hasilnya menunjukkan bahwa kesadaran diri bertindak sebagai landasan psikologis yang memungkinkan karyawan untuk secara akurat mengidentifikasi kebutuhan belajar mereka, sementara analitik LMS memberikan wawasan berbasis data yang mendukung personalisasi pembelajaran dan pengambilan keputusan strategis. Studi ini menunjukkan bahwa organisasi yang berhasil mengintegrasikan kedua elemen ini mengalami peningkatan keterlibatan karyawan sebesar 37% dan produktivitas sebesar 24%. Temuan ini menunjukkan bahwa sinergi antara kesadaran diri individu dan teknologi analitik menciptakan ekosistem pembelajaran yang berkelanjutan dan adaptif. Studi ini berkontribusi pada pengembangan kerangka teoritis untuk penerapan budaya belajar mandiri yang efektif di era digital, dengan implikasi praktis bagi manajemen sumber daya manusia dan strategi pembelajaran organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hafizha, H. R., Rindu, R. F. E. D., & Ahmad, A. B. S. (2025). Membangun Budaya Self-Learning dalam Digital Workplace: Peran Strategis Self-Awareness dan LMS. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(5), 7626–7637. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i5.11134
Section
Articles