Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pelatihan psikoedukasi perencanaan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa SMP di Kota Makassar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan remaja untuk memiliki kesiapan dan kematangan dalam merencanakan masa depan karir mereka. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pelatihan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan intervensi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kematangan karir sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kematangan karir siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, khususnya pada aspek perencanaan dan eksplorasi karir. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan perencanaan karir sebagai salah satu strategi efektif untuk mempersiapkan remaja menghadapi dunia kerja secara lebih matang dan terarah. Dengan demikian, pelatihan psikoedukasi perencanaan karir dapat menjadi bagian integral dalam program bimbingan konseling di sekolah.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.