Eksistensi Kepemimpinan Ibu Guru Wardah dalam Gerakan Pendidikan Islam Di Lombok Timur
Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan perempuan dalam lanskap pendidikan Islam kerap kali terpinggirkan dari narasi besar sejarah intelektual Muslim, meskipun demikian kontribusinya kerap bersifat transformatif dan berkelanjutan. Studi ini menyoroti eksistensi dan kepemimpinan strategis Ibu Guru Wardah, seorang tokoh pendidikan asal Lombok Timur, yang telah mendedikasikan lebih dari tiga dekade hidupnya dalam pengembangan dan penguatan pendidikan Islam berbasis nilai-nilai spiritual dan sosial. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengelaborasi peran strategis kepemimpinan Ibu Guru Wardah dalam membangkitkan kesadaran keagamaan, memperkuat struktur sosial, dan memperluas spektrum pemberdayaan masyarakat berbasis nilai-nilai Islam. Institusi-institusi yang beliau inisiasi, seperti TPQ Santren Atta’awun dan Majelis Taklim Al-Munawwarah, berfungsi sebagai episentrum transmisi nilai-nilai keagamaan, diseminasi pengetahuan, serta revitalisasi tradisi intelektual Islam yang inklusif dan berorientasi pada humanitas. Temuan studi ini menunjukkan bahwa model kepemimpinan yang ditopang oleh spiritualitas yang mendalam, keteladanan sosial, serta komitmen intelektual yang konsisten, memiliki daya dorong signifikan dalam mendorong transformasi sosial yang otentik dan berakar pada khazanah peradaban Islam Nusantara.
Kata Kunci: Kepemimpinan Perempuan, Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Transformasi Sosial
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.