Pembinaan Karakter Anak Dari Keluarga Prasejahtera Di TK/Kober Yustisia Kotabumi

Main Article Content

Yolanda Mutiara

Abstract

Tujuan penelitian  Untuk mengambarkan dan menceritakan bagaimana  karakter anak dari keluarga prasejahtera  di lingkungan rumah dan di lingkungan sekolah  baik secara pembiasaan dan keteladanan . Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Tempat Penelitian di TK KOBER YUSTISIA  kotabumi. Waktu penelitian dari bulan  agustus sampai dengan bulan  november 2015. Adapun Subjek penelitian Anak murid, Dewan guru Kepala sekolah dan Orang Tua murid, Pembinaan karakter anak  Dari Keluarga Prasejahtera  . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Dilakukan melalui penanaman akhlak agama dan tingkah laku melalui komunikasi kepada anak dan dicontohkan secara langsung terhdap anak dilihat dari kegiatan dan tingkah laku sehari-hari anak dilingkungan sekolah, selain itu keteladanan juga dapat ditunjukan dalam perilaku dan sikap guru dan tenaga kependidikan  dalam memberikan contoh  tindakan –tindakan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik untuk mencontohnya.(2) Orang Tua  berperan  penting sebagai contoh dalam pembinaan Karakter anak di rumah  dan  dapat menolong para orang tua untuk menilai perilaku anak  disekolah maupun dirumah. selain itu keteladanan juga dapat ditunjukan dalam tingkah laku siswa dan orang tua  dalam bersikap  memberikan contoh  perbuatan perbuatan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi anak  untuk mencontohnya. Disiplin waktu  dan sopan santun  merupakan langkah awal pembiasaan dan bagaimana berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai nilai tersebut.dalam lingkungan keluarga dapat dilakukan  untuk menuntut terbentuknya karakter terpuji.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yolanda Mutiara. (2022). Pembinaan Karakter Anak Dari Keluarga Prasejahtera Di TK/Kober Yustisia Kotabumi. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 475–481. Retrieved from https://www.ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/view/119
Section
Articles

References

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Aqib, Zainal. 2012. Pendidikan karakter di Sekolah. Bandung: Penerbit

Creswell. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif. Jakarta: Penerbit Yrama

Widya

Yrama widya Darmadi, hamid 2011. Metode penelitian pendidikan . Bandung Alfabeta.

Daryanto. 2013. Implementasi pendidikan karakter di sekolah Yogyakarta: Penerbit Graha Media.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif &Kualitatif. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Fathurrohman. Pupuh. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Frydaki.2011. ”Values In Teaching and Teaching values ; A Review ofTheory And research, Including The Case of Greece”.Medditerranea journal of Education studies. Vol 14No1pg 109-128

Lee Hoon, chang. 2010. “An Appraisal on The implementation OfMoraleducational for schools In Malaysia”of journal international

Margono.2010 . Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rhineka Cipta

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Macewan.Arthur.2015. Early child hood education .economicdevelopment, and The need for universal program with a focuson new England” economicsmanagement, and financialmarket.Volume 10(1)2015

Mulyadi.sukardi. 2018. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nowlin.E.Emily.2014. family meal-and related practices in families of preschoolers: differences by family income. Departement ofnutrionalsciences rulges University new jersey

Narvaez and lapsley.2012.“ teaching Moral character: Two StrategiesForTeacher Education”.Journal of Teaching for MoralCharacter .Vol 1 No1 pg 110

Rosdiana.Endang 2011. Pengelolaan Keuangan Keluarga Miskin .Semarang :Yuma Pustaka

Setiawati. 2020. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Whidina Persada

Siswoyo.dedi.2013.Pendidikan karakter bangsa. [ONLINE] http://dedi26.blogspot.co.id/2013/06/pendidikan-karakter bangsa.html.24,September 2015

Sri.pujiastuti. 2018. Psikologi keluarga ”penanaman nilai dan Penanganan Konflik dalam keluarga. jakarta. prenada media,group.

Stiff. 2010 .“ Widening The Lens to Teach character EducationAlongsideStandarts Curriculum “.Journal Education Volume 4 nomor 83: 115-120.

Sudrajad. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: PT REMAJAROSDAKARYA

Wibowo.Agus. 2012. Pendidikan Karakter di sekolah. Bandung : PT PUSTAKA BELAJAR