Pembinaan Karakter Anak Dari Keluarga Prasejahtera Di TK/Kober Yustisia Kotabumi
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian Untuk mengambarkan dan menceritakan bagaimana karakter anak dari keluarga prasejahtera di lingkungan rumah dan di lingkungan sekolah baik secara pembiasaan dan keteladanan . Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Tempat Penelitian di TK KOBER YUSTISIA kotabumi. Waktu penelitian dari bulan agustus sampai dengan bulan november 2015. Adapun Subjek penelitian Anak murid, Dewan guru Kepala sekolah dan Orang Tua murid, Pembinaan karakter anak Dari Keluarga Prasejahtera . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Dilakukan melalui penanaman akhlak agama dan tingkah laku melalui komunikasi kepada anak dan dicontohkan secara langsung terhdap anak dilihat dari kegiatan dan tingkah laku sehari-hari anak dilingkungan sekolah, selain itu keteladanan juga dapat ditunjukan dalam perilaku dan sikap guru dan tenaga kependidikan dalam memberikan contoh tindakan –tindakan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik untuk mencontohnya.(2) Orang Tua berperan penting sebagai contoh dalam pembinaan Karakter anak di rumah dan dapat menolong para orang tua untuk menilai perilaku anak disekolah maupun dirumah. selain itu keteladanan juga dapat ditunjukan dalam tingkah laku siswa dan orang tua dalam bersikap memberikan contoh perbuatan perbuatan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi anak untuk mencontohnya. Disiplin waktu dan sopan santun merupakan langkah awal pembiasaan dan bagaimana berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai nilai tersebut.dalam lingkungan keluarga dapat dilakukan untuk menuntut terbentuknya karakter terpuji.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Aqib, Zainal. 2012. Pendidikan karakter di Sekolah. Bandung: Penerbit
Creswell. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif. Jakarta: Penerbit Yrama
Widya
Yrama widya Darmadi, hamid 2011. Metode penelitian pendidikan . Bandung Alfabeta.
Daryanto. 2013. Implementasi pendidikan karakter di sekolah Yogyakarta: Penerbit Graha Media.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif &Kualitatif. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Fathurrohman. Pupuh. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Frydaki.2011. ”Values In Teaching and Teaching values ; A Review ofTheory And research, Including The Case of Greece”.Medditerranea journal of Education studies. Vol 14No1pg 109-128
Lee Hoon, chang. 2010. “An Appraisal on The implementation OfMoraleducational for schools In Malaysia”of journal international
Margono.2010 . Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rhineka Cipta
Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Macewan.Arthur.2015. Early child hood education .economicdevelopment, and The need for universal program with a focuson new England” economicsmanagement, and financialmarket.Volume 10(1)2015
Mulyadi.sukardi. 2018. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nowlin.E.Emily.2014. family meal-and related practices in families of preschoolers: differences by family income. Departement ofnutrionalsciences rulges University new jersey
Narvaez and lapsley.2012.“ teaching Moral character: Two StrategiesForTeacher Education”.Journal of Teaching for MoralCharacter .Vol 1 No1 pg 110
Rosdiana.Endang 2011. Pengelolaan Keuangan Keluarga Miskin .Semarang :Yuma Pustaka
Setiawati. 2020. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Whidina Persada
Siswoyo.dedi.2013.Pendidikan karakter bangsa. [ONLINE] http://dedi26.blogspot.co.id/2013/06/pendidikan-karakter bangsa.html.24,September 2015
Sri.pujiastuti. 2018. Psikologi keluarga ”penanaman nilai dan Penanganan Konflik dalam keluarga. jakarta. prenada media,group.
Stiff. 2010 .“ Widening The Lens to Teach character EducationAlongsideStandarts Curriculum “.Journal Education Volume 4 nomor 83: 115-120.
Sudrajad. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: PT REMAJAROSDAKARYA
Wibowo.Agus. 2012. Pendidikan Karakter di sekolah. Bandung : PT PUSTAKA BELAJAR