Dampak Persaingan Terhadap Harga dan Kualitas Produk pada Industri

Main Article Content

Pupung Purnama Sari
Aprilia Nifatul Maulita
Mochamad Rial Darul Ikhsan
Hafiz Nurqoiri

Abstract

Studi ini memiliki tujuan mengkaji pengaruh persaingan terhadap harga dan kualitas produk di sektor industri. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan merujuk pada literatur serta data sekunder dari berbagai studi terdahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa persaingan memicu perusahaan untuk menurunkan harga dan meningkatkan mutu produk guna mempertahankan daya saing. Di sisi lain, persaingan yang tidak sehat dapat menimbulkan dampak negatif seperti praktik predatory pricing dan ketimpangan digital yang merugikan pelaku usaha kecil. Secara keseluruhan, temuan ini menegaskan bahwa persaingan memainkan peran penting dalam mendorong efisiensi, inovasi, serta transformasi strategi bisnis di industri modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, P. P., Maulita, A. N., Ikhsan, M. R. D., & Nurqoiri, H. (2025). Dampak Persaingan Terhadap Harga dan Kualitas Produk pada Industri. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(9), 2224–2230. https://doi.org/10.56799/jim.v4i9.11102
Section
Articles

References

Adnan, Z., Abdullah, H. S., & Ahmad, J. (2016). Assessing the moderating effect of competition intensity on HRM practices and organizational performance link: The experience of Malaysian R&D companies. Procedia Economics and Finance, 35, 462–467. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)00057-0

Apriliani, V. D., Waloejo, H. D., & Hadi, S. P. (2022). Pengaruh store atmosphere dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Susu Moeria Café di Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 180–187.

Barrett, J. (2024, February 7). Lack of competition allows supermarkets, banks, and airlines to gouge Australians, report finds. The Guardian.

Fansurizal, F., & Aprianti, K. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen, 14(2), 203–214. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11210

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176–188.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan strategi promosi terhadap minat beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(3), 415–424.

Ilhamalimy, R. R., & Mahaputra, M. R. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 1(1), 85–97.

Indik Syahrabanu, R. P. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat Kota Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 67–78.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165–173).

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 150–160.

Regina, T. (2023). Pengaruh persaingan terhadap harga dan produksi. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi dan Bisnis, 12(2), 51–56. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol12no2.420

Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171–1184.

Sulistiawan, D., & Rudiawarni, F. A. (2019). Industrial competition and earnings quality in Indonesia. International Journal of Economic Policy in Emerging Economies, 12(2), 121–129.

Xiaoshuai, P., & Zhang, C. (n.d.). Influence of online reviews on the dynamics of product quality and pricing in a competitive market. International Journal of Electronic Commerce. https://doi.org/10.1080/10864415.2023.2226899

Zhang, T., Choi, T. M., & Cheng, T. C. E. (2024). Competitive pricing and product strategies in the presence of consumers’ social comparisons. European Journal of Operational Research, 312(2), 573–586. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2023.06.023