Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Syekh Yusuf Sungguminasa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab melalui penggunaan media pembelajaran Quizizz. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTs Syekh Yusuf Sungguminasa yang berjumlah siswa 17 orang , 1 orang guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Aktivitas guru meningkat dari 78,57% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari 74,79% menjadi 100%. Hasil tes penguasaan kosakata menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, dari 68,06% sebelum penerapan media pembelajaran Quizizz menjadi 89,12% setelah penerapan, dengan peningkatan sebesar 12,94%. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran Quizizz mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIIIB MTs Syekh Yusuf Sungguminasa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.