Peningkatan Kinerja Religius melalui Kepemimpinan Spiritual dan Budaya Organisasi Religius: Mediasi Motivasi Spiritual
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana kinerja religius guru dipengaruhi oleh kepemimpinan spiritual dan budaya organisasi yang religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dengan motivasi spiritual sebagai faktor mediasi. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei daring yang didistribusikan melalui Google Form, yang melibatkan 165 guru MTsN dari Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Kubu Raya, pemilihan data responden menerapkan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu dengan tehnik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang diolah dengan aplikasi SmartPLS 4. Dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan spiritual dan budaya organisasi religius secara signifikan dan positif mempengaruhi motivasi spiritual, dan secara langsung meningkatkan kinerja religius guru. Selain itu, motivasi spiritual memainkan peran mediasi yang penting korelasi antara kepemimpinan spiritual dan budaya organisasi religius terhadap kinerja religius. Temuan ini menyoroti bahwa menumbuhkan nilai-nilai spiritual dalam kepemimpinan dan mempromosikan budaya organisasi yang religius dapat meningkatkan motivasi spiritual guru, dan selanjutnya mengarah pada kinerja religius yang lebih optimal.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adawiyah, S. A. R., Barlian, N. A., & Taufik, M. (2020). Pengaruh religiusitas dan motivasi spiritual terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Mabdaul Ma’arif Desa Jombang Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 147–150. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/688
Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 273-288. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.20
Ariani. N., Sumarn.i, & Hendriyaldi. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Interving. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(2), 68–82. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i2.3892
Astuti, I., & Raharjo, B.A. (2023). Pengaruh Motivasi, Beban dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 764–772. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5065
Budiono, A., & Fahrizal, I. (2023). Performance Analysis by Organizational Culture and Motivation as Mediation, Influenced by Work Environment and Training. Ilomata International Journal of Management, 4(3), 287-302. https://doi.org/10.52728/ijjm.v4i3.752
Faizah, K. (2021). Spiritualitas Dan Landasan Spiritual (Modern and Islamic Values); Definisi dan Relasinya Dengan Kepemimpinan Pendidikan. Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 068-086. https://doi.org/10.29062/ar-risalah.v19i1.95
Fatiria, M. N., & Nawawi, M.T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Sebagai Variable Mediasi Pada PT. ATM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 794-804.
Fry, L.W., & Cohen, M.P. (2009). Spiritual leadership as a paradigm for organizational transformation and recovery from extended work hours cultures. Journal of Business Ethics, 84(S2), 265-278. DOI:10.1007/s10551-008-9695-2
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Harahap, R. R., Lapisa, R., Milana, M., & Sari, D. Y. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 226-231. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.537
Hardin, Azizu, A. M., & Sari, W. O. D. P. (2020). The Influence of Competence, Organizational Culture, Spiritual Leadership on Organizational Behavior and Its Impact on Lecturer Performance at Higher Education in Baubau City. International Journal of Management Progress, 1(2), 50–72. https://doi.org/10.35326/ijmp.v1i2.784
Husaini, M., Arifin, S., & Sari, I. P. (2023). Analysis of Teacher Performance in the Learning Process at MTs Alif Laam Miim Surabaya. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 272–280. https://doi.org/10.19109/tadrib.v9i2
Husen, A., Roswaty, R., & Lazuarani, S. (2024). Pengaruh Analisis Jabatan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al- Ittifaqiah 2 Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5005–5011. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Husnussaadah, & Nurhikmah. (2022). Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan Dalam Perspektif Islam. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–12. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
Hussein, A, Wibisono, C., Wijaya, D., & Gratitude, I. B. (2022). The Effect of Spiritual Motivation, Spiritual and Intellectual Intelligence on Religious Performance Mediated by Job Satisfaction. International Journal of Advances in Social Sciences and Humanities, 1(3), 151–158. https://doi.org/10.56225/ijassh.v1i3.52
Inggira, C. K., Suryanto., & Windijarto. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Generasi Milenial dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. JENIUS: Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(1), 195-209. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i1.13158
Irianti, A. H., & Bernarto, I. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan BudayaOrganisasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Pada Perawat di Rumah Sakit Tria Dipa Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 10(3), 2558-2569. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.51801
Jain, P. (2023), Spiritual leadership and innovative work behavior: the mediated relationship of interpersonal trust and knowledge sharing in the hospitality sector of India. Leadership and Organization Development Journal, 44 (1), 1-17. https://doi.org/10.1108/LODJ-03-2022-0128
Januarsah, A., Rosita, T., & Sultan, Z. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai BPR Di Kabupaten Bandung Barat yang dimediasi oleh Motivasi kerja. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 14(1), 61–77. https://doi.org/10.21009/jgg.141.05
Jayanti, K. N., & Dewi, K. T. S. (2021). Dampak masa kerja, pengalaman kerja, kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Bisnis, Akuntansi, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.52300/jemba.v1i2.2986
Jayanti, S. E., Damanik, A. Z., & Matondang, A. A. (2024). Pengaruh Gaji Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SD Swasta Di Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi. Management and Business Progress, 3(1), 43-49. https://doi.org/10.70021/mbp.v3i1.171
Joen, S., Purnamawati., & Amiruddin. (2022). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru. UNM of Journal Technologycal and Vocational, 6(3), 224–232. https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i3.37535
Kholid, M. I., & Utari, W. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Surya Mustika Nusantara AMC–Malang. Jurnal Manajerial Bisnis, 6(3), 185-196. https://doi.org/10.37504/jmb.v6i3.545
Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 583-595. DOI:10.54371/jiip.v6i1.1395
Leticia, V., & Azhmy, M. F. (2024). Analisis Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Pihak Sekolah Terhadap Kinerja Guru Yang Dimediasi Motivasi Kerja (Studi Kasus Pada Sekolah Methodist-11). EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5), 880-891. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.3885
Lie, D., Sherly, S., Dharma, E., Wakhyuni, E., & Sudirman, A. (2021). Reflections on Teacher Job Satisfaction: The Role of Principal Supervision, Organizational Culture, Motivation, and Compensation. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 17(2), 234–248. https://doi.org/10.33830/jom.v17i2.1302.2021
Maharani, E., Setiawan, H., Hasanudin, & Shalahuddin, A. (2025). The influence of spiritual transformational leadership and religious motivation on spiritual performance. Journal of Management Science (JMAS), 8(1), 102–110. https://doi.org/10.35335/jmas.v8i1.578
Mala, A. R. (2015). Membangun Budaya Islami di Sekolah. Jurnal Irfani, 11(1), 1-13. https://www.neliti.com/id/publications/29311/membangun-budaya-islami-di-sekolah
Mariatie, N., Hasanah, S., Syarifuddin, S., Fanggidae, E., & Wardani, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru dengan Mediasi Motivasi Kerja: The Influence of Principal Leadership and Compensation on Teacher Performance by Mediating Work Motivation. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(2), 101 - 112. https://doi.org/10.37366/master.v1i2.182
Masruroh, A. L., & Suwandi. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri 4 Jombang. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(4). https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i4.1279
Maula, L. H., Jamil, A. S., & Zuana, M. M. M. (2020). Pengaruh budaya organisasi Islami dan kesejahteraan karyawan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sidoarjo. Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah dan Ekonomi), 5(1), 80–91. https://doi.org/10.31538/altsiq.v5i1.698
Meda, J., Niha, S. S., & Paridy, A. (2024). The Influence of Leadership and Organizational Culture on Employee Performance at the Ground Transportation Management Office in Region XIII of East Nusa Tenggara Province, Mediated by Work Motivation and Work Discipline. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 34-49. https://doi.org/10.56457/jimk.v12i1.497
Mubarok, A., Roza, A.T.R., Mudrikah, A., Gaffar, A., Abdurrahim., dan Janurdi, K. (2022). The Influence of Leadership Style, Supervisory and Organizational Culture on Employee Performance through Motivation as an Intervening Variable (Descriptive Study of Quantitative Analysis of Employee Performance at the Education and Culture Office of Serang Regency). International Journal of Current Science Research and Review, 5(12), 4909-4928. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V5-i12-49
Muharom, F. (2023). The Impact of Spiritual Leadership and Motivational Leadership on Organizational Citizenship Behavior and Religious Performance: Evidence from Indonesian Islamic Schools. Educational Administration: Theory and Practice, 29(1). 284-296. https://doi.org/10.52152/kuey.v29i1.841
Mustari, M. (2022). Kontribusi Budaya Organisasi Islami dalam Upaya Meningkatkan Kinerja. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 2(2). 167-176. https://doi.org/10.15575/jis.v2i2.17244
Nasution, N. A., Irwansyah, I., & Yulia, F. (2025). Manajemen Kinerja Berbasis Religius dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Kasus di SD Islam Terpadu Al Khairiyah). Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 3386–3390.
Nikmah, L. F., Aziz, A., & Efendi, N. (2024). Pemimpin spiritual dalam pengembangan pendidikan Islam. Reflection: Islamic Education Journal, 1(4), 78–86. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.166
Nor, M. R., & Ibrahim, M. K. (2020). Conflicts of Religious Education in A Secular State: A study on Turkey’s Imam-Hatip school. Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1), 107-130. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v8i1.5849
Nurabadi, A., Irianto, J., Bafadal, I., Juharyanto, J., Gunawan, I., & Adha, M. A. (2021). The Effect of Instructional, Transformational and Spiritual Leadership on Elementary School Teachers’ Performance and Students’ Achievements. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 17–31. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.35641
Nurdin, N. (2023). Implementasi Budaya Religius Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Santri di Madrasah Aliyah Al-Mubarak DDI Tobarakka. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 19-41. https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5579
Paino, P., Utari, W., & Indrawati, M. (2023). Budaya organisasi dan kompensasi terhadap kinerja guru melalui employee engagement di SMK Negeri Dander Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 1(2), 20–30. DOI: 10.59024/jipa.v1i2.108
Parwati, L., Yusuf, M., & Haryoto, C. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediasi pada PT. Mitrausaha Indonesia Grup (Funding Societies). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1)1, 6246-6259. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i11.17019
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.
Piwowar-Sulej, K., & Iqbal, Q. (2024). A systematic literature review on spiritual leadership: Antecedents, mechanism, moderators and outcomes. Journal of Organizational Change Management, 37(8), 18–35. https://doi.org/10.1108/JOCM-11-2023-0483
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 40–47. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/2789
Purwasetiawatik, T. F., Ahmad, L. O. I., & Amri, M. (2023). Konsep Spiritual Teaching dalam Perspektif Hadis. Jurnal Diskursus Islam, 11(3), 388–401. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i3.44819
Rahman, H. S., & Mas'ud, F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Islam, Budaya Organisasi Islam Terhadap Kinerja Perawat Dengan Motivasi Kerja Islam Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kabupaten Kendal). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 976–986. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4723
Rahmani, D., Apridar, A., & Bachri, N. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Organisasi dan Kedisiplinan Sebagai Variabel Mediator Pada Smp Negeri Kota Lhokseumawe. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(2), 24-35. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i2.5253
Ramadania, Rosnani, T., Ratnasari, S. L., Fauzan, R., Apriandika, M. N. (2023). Towards Organizational Citizenship Behavior and Religious Performance. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 67-81. http://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i1.3927
Ratnawati. (2024). Pengaruh supervisi dan budaya organisasi terhadap kinerja guru melalui motivasi di SMKN Rengel Tuban. Jurnal Ilmiah Research and Development Student (JIS), 2(3), 1–12. https://doi.org/10.59024/jis.v2i3.899
Rifki, P. N., & Mubarok, A. S. (2024). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior serta kinerja guru (sebagai variabel intervening) Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Kendal. Journal on Education, 7(1), 2210–2217. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6779
Ritonga, Z. M. B., Magdalena, M., & Zulhammi, Z. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Aliyah. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(3), 702–720. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12927
Safitri, B., Mustafida, F., & Ertanti, D. W. (2023). Pembentukan karakter religius siswa melalui budaya sekolah di madrasah ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(4), 115–123. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/23373
Saggu, A. Q., Khan, S. U., Parmar, V., Naeem, M., Husnain, M., & Tabassum, M. F. (2022). Spiritual leadership impact on teacher’s performance and life satisfaction through spiritual well-being. Indian Journal of Economics and Business, 21(2), 385-408. https://www.researchgate.net/publication/384834196
Samudi, Widjajanti, K., & Indriana, D. T. (2023). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan rotasi terhadap kinerja PNS dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 188–204. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6770
Santika, I. P., Mustika, I. K., Iswari, I. M. A. P., & Budiiasa, I. K. (2023). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Pemediasi di PT Bank Mandiri KCP Kerobokan. Relasi: Jurnal Ekonomi, 19(1), 146-157. https://doi.org/10.31967/relasi.v19i1.668
Saputra, R. H., & Suwandana, I. G. M. (2024). The role of motivation in mediating the influence of organizational culture on employee performance. Edunity, 3(5), 317–324. https://doi.org/10.57096/edunity.v3i5.246
Sudadi, & Sugiyanto. (2021). Manajemen kinerja berbasis budaya religius dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Mambaul Ulum Tunjungmuli Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Inspirasi: Jurnal Ilmiah Sosial dan Pendidikan, 5(2), 166-194. DOI:10.61689/inspirasi.v5i2.287
Sugiyardi, A. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Kepemimpinan Spiritual Terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Assyarikah: Journal of Islamic Economic Business, 2(2), 151-164. https://www.ejournal.unia.ac.id/index.php/Assyarikah/article/view/834
Sulisna, S., Wardiah, D., & Suherman, S. (2024). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5906–5917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/7603/pdf
Suliwati & Mukhtar, N. (2022). Analisis Pengaruh Motivasi Spiritual, Pengendalian Diri dan Sikap Tanggung Jawab terhadap Etos Mengajar serta Implikasinya pada Kebermaknaan Hidup dalam Perspektif Islam. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 128-137. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.268
Sunarti, Hasanah, H., Chakim, M. H. R., & Yuliantoro, T. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Spiritual terhadap Kinerja Religius SDM pada Tenaga Pendidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.33050/jmari.v5i1.3134
Supriyadi, Chamariyah, & Woro Utari. (2021). Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Negeri I Torjun Kabupaten Sampang. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 71–79. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i1.177
Supriyanto, A., Ekowati, V., & Maghfuroh, U. (2020). Do organizational citizenship behavior and work satisfaction mediate the relationship between spiritual leadershipand employee performance? Management Science Letters, 10(5), 1107-1114. http://repository.uin-malang.ac.id/5658/
Ulukan, H., & Ulukan, M. (2021). Investigation of The Relationship Between Psychological Resilience, Patience and Happiness Levels of Physical Education Teachers. International Journal of Educational Methodology, 7(2), 335-351. https://doi.org/10.12973/ijem.7.2.335
Ungvári-Zrínyi, I. (2013). Spirituality as Motivation and Perspective for A Socially Responsible Entrepreneurship. World Review of Entrepreneurship Management and Sustainable Development, 10(1), 4-15. DOI:10.1504/WREMSD.2014.058049
Usman, U. (2024). Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja di Era Globalisasi. Tadbiruna, 3(2), 67-76. https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/article/view/1219
Utama, I. & Harsono, M. (2023). Budaya Organisasi Relijius: Konsep Dan Perspektif. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(2), 2253- 2258. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1264
Utami, N. M. S., Sapta, I. K. S., Verawati, Y., & Astakoni, I. M. P. (2021). Relationship Between Workplace Spirituality, Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behavior. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 507–517. DOI:10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.507
Vedula, S.B., & Agrawal, R.K. (2024). Mapping spiritual leadership: a bibliometric analysis and synthesis of past milestones and future research agenda. Journal of Business Ethics, 189(2), 301-328. https://doi.org/10.1007/s10551-023-05346-8
Wahyudi, T., Derriawan, & Salim, F. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus: Pegawai Fakultas Kedokteran dan KesehatanUniversitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(4), 631–642. https://doi.org/10.59889/embiss.v3i4.272
Wijaya, S. (2021). Pengaruh Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja Guru Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru (Survey pada Guru-guru Ekonomi pada SMK Negeri di Kabupaten Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 149-157. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4182
Wulandari, W., Saputra, M., Renata, N., Rizal, R., & Pasrizal, H. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening di Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 4(1), 195-216. https://doi.org/10.36908/jimpa.v4i1.338
Wusqo, U., Wuryandini, E., & Rasiman, R. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 4(2), 640-647. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.167
Yulianti, P. D., Fitria, N., & Wulansari, R. (2022). Spiritual leadership dalam organisasi: Peran dan rekomendasi penelitian masa depan. Buletin Psikologi, 30(1), 1–10. DOI: 10.22146/buletinpsikologi.65897
Yulianto. A. (2022). Motivasi Spiritual Dengan Metode Pembinaan Untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 42 Purworejo Tahun 2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 202-210. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2579
Yustishia, W., & Sumiati. S. (2024). Membangun Spiritual Leadership dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja SDM Melalui Motivasi Spiritual Sebagai Variabel Intervening Pada Bank BNI KC Bekasi. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(12), 96-110. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jikm/article/view/6655