Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Syekh Yusuf Sungguminasa

Main Article Content

Ela Safitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode bernyanyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII Mts Syekh Yusuf Sungguminasa yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata penguasaan kosakata siswa pada siklus I sebesar 72,9 dan pada siklus II sebesar 89,6. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa sebesar 16,7. Dalam hal ini, metode bernyanyi dapat diterapkan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Mts Syekh Yusuf Sungguminasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safitri, E. (2025). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Syekh Yusuf Sungguminasa. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(8), 1768–1776. https://doi.org/10.56799/jim.v4i8.10066
Section
Articles

References

Ananda D. (2024) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Makassar

Andini Rachmawati, R., & Husin, H. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Panti Asuhan Nurul Jannah. Berajah Journal, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81

Dr. Warsiman, M.Pd (2022) Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit: MNC Publishing ISBN 978-602-462-998-4 ESBN.

Effendy, A.F. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. (t.t.).

Galih Nalurita, (2013) Fungsi Ronggeng Ibing Dalam Upacara Ngabungbang di Desa Batulawang Kota Banjar Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu.

Hidayah, N. & Munirul Abidin. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 5(2), 66–73. https://doi.org/10.47435/naskhi.v5i2.2255

Kamilatussolihat, M., & Asyrofi, I. (2023). Kamilatussolihat & Asyrofi (2023). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5592–5597. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2545

Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.141

Mawardini, A., Sahidah, S., & Purwanti, A. D. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidayyah Ulil Amri. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 89-95.

Nisa, I. K., Rahmi, N., & Fajri, W. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Nu 07 Purbolinggo. Arabia, 12(2), 43. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7878

Nurliyah, N., & Badroeni, B. (2023). Pengaruh metode bernyanyi dalam kemampuan berfikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 132-137.

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Ridwan dan Awaluddin (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Sulfitra, S., R, M., Latuconsina, S. N., & Fiddienika, A. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMPIT Mutiara Makasar. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1), 17–37. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.43

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ulfa, S. M., Quthny, A. Y. A., & Badruttamam, C. A. (2023). Ulfa (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Mengingat Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MI Zainul Anwar Alassumur. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 645. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2050

Wahyuni S. (2021) Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas II MI Al-Ihsan Full Day Scholl Balung Tahun Ajaran 2020/2021.

Zein, M. I. (t.t.). Zein M.I. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosakata Arab Kelas 1 MI Ma’arif NU Teluk Banyumas.