Strategi Humas DPRD Kota Sukabumi Dalam Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Publik

Main Article Content

Meitaviani Nur Alfianillah Hermawan
Vivien Febri Astuti

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi Humas DPRD Kota Sukabumi dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media komunikasi publik. Di era digital, Instagram menjadi salah satu platform yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat karena sifatnya yang visual, interaktif, dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi digital Humas DPRD Kota Sukabumi dalam mengelola akun @humas.dprdksmi guna meningkatkan transparansi, kedekatan, dan partisipasi publik. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi unggahan di Instagram. Analisis dilaksanakan melalui penggunaan teori 4C (Context, Communication, Collaboration, dan Connection) sebagai kerangka evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas DPRD Kota Sukabumi secara aktif menyusun konten yang relevan dan mudah dipahami, membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat, menjalin kolaborasi internal, serta memperkuat hubungan emosional dengan publik. Pemanfaatan fitur Instagram seperti DM, komentar, dan kolaborasi unggahan menjadi langkah strategi dalam meningkatkan reputasi lembaga. Temuan ini menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial yang strategis dapat memperkuat keterlibatan masyarakat dan meningkatkan akuntabilitas lembaga legislatif. Penelitian ini penting sebagai acuan bagi lembaga pemerintah dalam mengembangkan strategi komunikasi digital yang lebih inklusif dan partisipatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hermawan, M. N. A. ., & Astuti, V. F. . (2025). Strategi Humas DPRD Kota Sukabumi Dalam Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Publik. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 825–834. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9845
Section
Articles

References

Alfiani D. L., (2022). Peran Humas Kepolisian Resort Kota Besar Medan Dalam Meningkatkan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat. Dhita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik, 2.

Ana, I. B. P. J., Mandira, I. M. C., Kusuma, P. S. A. J., Wijaya, G. C., & Adriati, I. G. A. W. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Potensi dan Eksistensi Desa Penatahan. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 84–92.

Anisah N, Sartika M, & Kurniawan H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi Media Kajian Komunikasi Islam, 4.

Arifin, Z., (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah Wah Kanan, 1.

Ardiayanti, D. A., & Zulkarnaen, M. (2019). Pengaruh Minat Usaha dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 168–178.

Athahirah, A. U., & Pranata, W. H., (2020). Relasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan Konstituen Dapil III Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Politik Pemerintahan Dharma Praja, 13.

Ayudia, A. P., Wulandari, S. S., (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintahan Kota Probolinggo. Journal Of Administration. Education And Practice, 1(2), 249-268.

Hermawan, S., Amirullah., (2021). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative.

Hutajulu, N. L., & Arinda Putri Lestari, F. (2023). The Influence of Social Media and Trust in Institutions on Digital Participation in Indonesia. Contemporary Public Administration Review, 1(1), 1–23. .

Kartini, Harahap IA., Arwana NY., & Rambe SWTB. (2020). Teori dalam Penelitian Media. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2).

Luhur, FC., & Mulyanti, D., (2022). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyebaran Layanan informasiPublik di Pemerintah. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2.

Maulidia, R. (2020). Peran Humas Pemerintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi Pada Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). Jurnal Gunadharma, 14.

Novianti, E., Nugraha, A. R., Komalasari, L., Komariah, K., Rejeki, S. S., (2020). Pemanfaatan Media Soaial Dalam Penyebaran informasi Program Pemerintah. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 48-59.

Nurul, S., Anggrainy, S., Aprelyani, S., (2022). Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Litelature Teview SIM). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5).

Prastowo, A.A. (2020). Pelaksanaan Fungsi Pokok Humas Pemerintah Pada Lembaga Pemerintah. PRofesi Humas, 5(1), 17-31.

Rahayu, M. N. (2020). Pemanfaatan Instagram Dalam Menjaga Hubungan Baik Pt Pupuk Kujang Dengan Stakeholders. 19(2), 186–201.

Sakinah, S., Santoso, H., Saleh, A., Pranata, R. T. H., Manisya, N., Maharani, K. Z., (2024). Strategi Humas Desa Ciomas Rahayu Dalam Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Publik. Nivedana Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 6(1).

Septia, A., Agustina, E., Dila, I., Ilmi, L., Najwa, M., Aura, R., Amanda, S., Alifiani, Y., Karina, Z. (2024). Strategi Humas Sekretariat DPRD Kota Bogor Dalam Membuat Konten Instagram Untuk Penyebaran Informasi Publik. Humanus : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(1), 39-52.

Setyawati, D. L., & Fitriani, R. (2023). Digital Govermance dalam Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Kebijakan Publik, 4(1), 48.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solis, B. (2011). Engage!: The Complete Guide for Brands and Bussiness to Build, Cultivate, and Measure Succes in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Trisilia AL, & Pebriana R. (2023). Peran Humas dalam Mempublikasikan Kegiatan pemerintah Melalui Media Sosial Instagramdi Sekretariat DPRD Kota Lahat. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 2.