Strategi Digital Marketing Teater Keliling Indonesia di Media Sosial Upaya Membangun Minat Generasi Muda Studi pada Mahasiswi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

Main Article Content

Putri Anugrah Tamba
Ika Sartika

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah pola konsumsi informasi masyarakat, khususnya generasi muda. Teater sebagai seni pertunjukan tradisional menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan relevansinya di tengah budaya digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing yang diterapkan Teater Keliling Indonesia melalui media sosial serta mengeksplorasi bagaimana kolaborasi antara pelaku teater dan kreator digital dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap seni teater. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori SOSTAC digunakan untuk menganalisis strategi pemasaran digital, sementara teori Computer-Mediated Communication (CMC) digunakan untuk meninjau pola kolaborasi digital dan interaksi audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teater Keliling Indonesia menerapkan strategi pemasaran digital yang responsif terhadap tren media sosial, dengan konten visual yang disesuaikan untuk menarik perhatian generasi muda. Kolaborasi dengan kreator digital dan optimalisasi media sosial berperan penting dalam membangun komunikasi dua arah, memperluas jangkauan promosi, serta memperkuat citra seni teater di kalangan audiens muda.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tamba, P. A., & Sartika, I. (2025). Strategi Digital Marketing Teater Keliling Indonesia di Media Sosial Upaya Membangun Minat Generasi Muda : Studi pada Mahasiswi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 728–738. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9750
Section
Articles

References

Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2020). Dampak post-truth di media sosial. Jurnal Intelektual, 10(3), 377. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1430

Aryani, M. (2021). Analisis digital marketing pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di Bidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085

Berutu, T. A., Sigalingging, D. I. R., Simanjuntak, G. K. V., & Siburian, F. (2024). Pengaruh teknologi digital terhadap perkembangan bisnis modern. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2(3), 359. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i3.258

Borbotko, L. A., & Vishnevskaya, E. M. (2021). Perpetual vs. permanent: Theatre and digitalization – Friends or foes? European Proceedings of Social and Behavioural Sciences, 581. https://doi.org/10.15405/epsbs.2021.12.03.77

Candra, I. A. I. (2025). Akhudiat sebagai penulis naskah drama Indonesia. Jurnal Kajian Seni, 6(2), 196. https://doi.org/10.22146/jksks.53727

Desnayanti, R., & Kailani, A. (2019). Fungsi seni teater sebagai media kritik sosial dalam cerita rakyat Putri Mandalika. Jurnal Seni Pertunjukan, 2(1), 12. https://doi.org/10.29408/tmmt.v2i1.1624

Harahap, H. S., Dewi, K. N., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 78. https://doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p77-85

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis strategi digital marketing di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Anuva, 4(2), 232. https://www.researchgate.net/publication/355360112

Mubarok, S., Kurniawan, H., Wulandari, D. P., & Suharyat, Y. (2022). Sosial media sebagai media pendidikan Islam. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 12. https://doi.org/10.55542/jiksohum.v4i2.373

Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian pada UMKM Jiksau Food. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 264. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14898

Pransiska, D., & Hasan. (2023). Pembelajaran teater tradisional melalui metode sosiodrama pada kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya, 8(2), 184. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i2.12830

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Jurnal Al-Fathim, 2, 48. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Sahara, L. P., & Prayoga, D. (2024). Penerapan strategi digital marketing pada pelayanan kesehatan: Literature review. Jurnal MPPKI, 7(5), 1192. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i5.4985

Santosa, E., Subagiyo, H., Mardianto, H., Arizona, N., & Sulistiyo, N. H. (2008). Seni teater jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Saptarianto, H., Deviani, S., Anah, S. I., & Noviyanti, I. (2024). Menghadapi tantangan era digital: Strategi integrasi media sosial, literasi digital dan inovasi bisnis. Jurnal Manuhara, 2(3), 128. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.955

Situmorang, W. R., & Hayati, R. (2023). Media sosial Instagram sebagai bentuk validasi dan representasi diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 113–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. Edulitera: PT Literindo Berkah Karya.

Wastap, J. (2019). Teater sebagai media komunikasi pendidikan. Jurnal Aspikom, 3(6), 1127. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.414

Teater Keliling. (n.d.). Teater Keliling Indonesia. https://teaterkeliling.com

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi, informasi, dan dokumentasi: Pendidikan di Majelis Taklim Annur Sejahtera. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 2–3.