Pengaruh Kualitas dan Efektivitas Konten Flash Update pada Instagram Perumnas dalam Meningkatkan Minat Generasi Milenial terhadap Properti

Main Article Content

Nadya Atsilah
Vivien Febri Astuti
Siska Mulyawaty

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi besar dalam strategi komunikasi di industri properti, termasuk penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif. Instagram menjadi platform yang populer di kalangan generasi milenial karena kemampuannya menyampaikan informasi secara visual dan interaktif. Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) memanfaatkan akun Instagram @infoperumnas untuk mempromosikan hunian milenial melalui konten audio-visual bernama Flash Update. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas dan efektivitas konten Flash Update terhadap minat generasi milenial dalam memiliki hunian Perumnas. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei melalui kuesioner menggunakan Google Form terhadap 100 responden yang merupakan pengikut akun @infoperumnas dan telah terpapar konten Flash Update. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas maupun efektivitas konten Flash Update berpengaruh secara signifikan terhadap minat generasi milenial terhadap properti. Temuan ini mengindikasikan bahwa transformasi konten ke format audio-visual dapat menjadi strategi komunikasi yang efektif untuk menjangkau pasar generasi milenial dalam industri properti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Atsilah, N., Vivien Febri Astuti, & Siska Mulyawaty. (2025). Pengaruh Kualitas dan Efektivitas Konten Flash Update pada Instagram Perumnas dalam Meningkatkan Minat Generasi Milenial terhadap Properti . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 416–424. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9676
Section
Articles

References

Alfajri MF, Adhiazni V, Aini Q. 2019. Pemanfaatan social media analytics pada Instagram dalam peningkatan efektivitas pemasaran. [diakses Februari 2025]; 8(2): 41-51. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42

Ernestivia G, Subagyo. 2020. Media promosi produk UMKM dengan menggunakan EPIC Model. [diakses Februari 2025]; 7(1): 1-14. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14336

GoodStats. 2023. Sensus BPS: Saat ini Indonesia Didominasi oleh Gen Z. [diakses Maret 2025]. https://data.goodstats.id/statistic/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv?utm

Gunawan T. 2024. Adaptasi logika media sosial sebagai strategi komunikasi publik Gerindra menjelang pemilu 2024. [diakses Februari 2025]; 22(1): 44-60. https://doi.org/10.31315/jik.v22i1.7914

Iskandar J, Najib M, Yusuf AM. 2020. Analisis pengaruh model AISAS (attention, interest, action, & share) terhadap tingkat literasi keuangan syariah (studi kasus followers Instagram perbankan syariah). [diakses Februari 2025]; 5(2): 33-52. https://doi.org/10.36908/isbank.v5i2.114

Laila RPR. 2021. Analisis efektivitas iklan media sosial Instagram Indihome Bandung menggunakan metode EPIC Model [karya ilmiah]. Bandung: Universitas Telkom.

Manshur U, Ramdlani M. 2019. Media audio visual dalam pembelajaran PAI. [diakses Februari 2025]. 5(1). https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

NapoleonCat. 2025. Instagram Users in Indonesia. [diakses Februari 2025]. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2025/02/

Peters K, Chen Y, Kaplan AM, Ognibeni B, Pauwels K. 2013. Social media metrics a framework and guidelines for managing social media. [diakses Maret 2025]; 27(4): 281–298. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.007

Rachman A, Emeilia RI. 2024. Pengaruh media sosial Instagram @tmiiofficial terhadap minat berkunjung ke TMII. [diakses Februari 2025]; 1(5): 344-352. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2568

Suartawan IW, Bria AJF, Costa DD. 2024. Efektivitas konten video Instagram @universitasbalidwipa dalam membangun citra positif dan daya tarik mahasiswa baru. [diakses Februari 2025]; 26(1).

Sumarwan U. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutanto AC, Chang G, Nadhif LD, Son SS, Simon VM, Ningsih RY. 2024. Efektivitas penggunaan Instagram dalam proses branding pada UMKM di kemanggisan. [diakses Februari 2025]; 2(3). https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3

We Are Social. 2025. Digital 2025: Indonesia (The Essential Guide to Digital Trends). https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/