Pengaruh Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Brand Awareness Infinite Learning

Main Article Content

Finno Yekti Adhipramana
Willy Bachtiar
Alfa Taufan Latif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap peningkatan brand awareness Infinite Learning, sebuah startup edutech di Indonesia. Dalam konteks pemasaran digital, perusahaan dituntut untuk menyampaikan pesan yang terintegrasi dan konsisten melalui berbagai platform.Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei daring yang disebarkan kepada 97 responden yang terpapar konten Infinite Learning dalam enam bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh media social, marketing campaign, dan digital advertisisng terhadap brand awareness.Hasil penelitian menunjukkan bahwa IMC secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan brand awareness, dengan media sosial sebagai elemen dominan. Nilai F hitung sebesar 19,067 (signifikansi 0,000) menunjukkan bahwa ketiga elemen IMC berpengaruh signifikan. Media sosial memiliki koefisien regresi sebesar 1,642, mengindikasikan bahwa interaksi media sosial sangat berpengaruh terhadap kesadaran merek. Kampanye pemasaran dan iklan digital memiliki pengaruh yang lebih rendah.Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi IMC yang terkoordinasi dan relevan dengan karakteristik audiens digital dalam meningkatkan kesadaran merek, terutama untuk startup edutech.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adhipramana, F. Y., Willy Bachtiar, & Alfa Taufan Latif. (2025). Pengaruh Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Brand Awareness Infinite Learning. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 425–433. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9667
Section
Articles

References

Chaaey D, Ellis-Chadwick F. 2022. Digital marketing : strategy, implementation and practice. Ed ke-8. Pearson.

Chi, H. K., Yeh, H. R., & Yang, Y. T. (2009). The impact of brand awareness on consumer purchase intention: The mediating effect of perceived quality and brand loyalty. The journal of international management studies, 4(1), 135-144.

Goyette I, Ricard L, Bergeron J, Marticotte F. 2010. E‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences / Revue Canadienne des Sciences de l’Administration. 27(1):5–23. doi:10.1002/cjas.129.

Hartina Batoa, S. P. (2024). Teori-teori Komunikasi. Komunikasi Sosial dan Lintas Budaya.

Kitchen, P. J., & Burgmann, I. (2015). Integrated marketing communication: Making it work at a strategic level. Journal of Business Strategy, 36(4), 34-39.

Kitchen PJ, Burgmann I. 2015. Integrated marketing communication: Making it work at a strategic level. Journal of Business Strategy. 36(4):34–39. doi:10.1108/JBS-05-2014-0052.

Kotler P, Armstrong G. 2010. Principi di Marketing 13a edizione Edizione italiana a cura di Walter Giorgio Scott. Volume ke-2. www.aidro.org

Krypton A. 2018. Strategi Peningkatan Brand Awareness Mobile Ticketing Apps melalui Metode Integrated Marketing Communication. https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol1/iss1/6.

Mardiatmoko G. 2020. Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. 14(3):333–342. doi:10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.

Schultz, D. E., Patti, C. H., & Kitchen, P. J. (2011). The Evolution of Integrated Marketing Communications. Abingdon: Routledge.

Sri Rahayu Y. 2013. Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Brand Equity Perbankan Syariah di Kota Malang. Volume ke-1.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.