Studi Etnografi: Analisis Persepsi Penggemar Gim Daring pada Para Pekerja di Jabodetabek

Main Article Content

Suududdin Suududdin
Mutia Karunia Antap Wulan
Bambang Permadiyansach
Jerry Heikal

Abstract

Penelitian ini mengungkap motivasi, persepsi, dan nilai-nilai bersama di balik fenomena bermain gim daring berbasis telepon genggam (smartphone) dikalangan pekerja kantoran di Jabodetabek. Dalam lingkungan kerja yang penuh tekanan dan dinamis, banyak pekerja kantoran memanfaatkan gim daring sebagai sarana untuk relaksasi, sosialisasi, dan pengembangan diri. Melalui pendekatan etnografi, peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan responden berusia 21-37 tahun, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana bermain gim daring dapat memenuhi berbagai kebutuhan, seperti mengurangi stres, meningkatkan keterampilan, serta membangun hubungan sosial di tengah tuntutan hidup perkotaan. Gim daring terbukti menjadi bentuk hiburan yang fleksibel dan dapat diakses di sela-sela kesibukan kerja, menjadikannya sesuai dengan jadwal para pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga shared value pemain gim daring, yang pertama yaitu "relaksasi", value ini membuat gim menjadi pilihan utama untuk mengatasi kepenatan dan rutinitas sehari-hari, kemudian value kedua adalah "berjiwa kompetitif", value ini menunjukkan dorongan kuat untuk mencapai prestasi tertinggi, yang juga dapat memicu kecanduan. Dan terakhir, value "social validation" mencerminkan kebutuhan akan pengakuan sosial, baik melalui permainan bersama komunitas maupun melalui pengeluaran dalam bentuk pembelian dalam gim (top-up) untuk meningkatkan status. Shared value ini menunjukkan bahwa gim daring tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai sarana pencapaian pribadi dan pengakuan sosial bagi para pemainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suududdin, S., Wulan, M. K. A., Permadiyansach, B., & Heikal, J. (2025). Studi Etnografi: Analisis Persepsi Penggemar Gim Daring pada Para Pekerja di Jabodetabek. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 698–705. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9565
Section
Articles

References

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston, MA: Pearson.

Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials rising: The next great generation. New York, NY: Vintage.

Hidayat, A. (2021). Tren game kasual di Indonesia: Studi kasus pada Higgs Domino dan Ludo King. Jurnal Media Digital, 8(3), 115–128.

Kent, S. L. (2001). The ultimate history of video games: From Pong to Pokemon—the story behind the craze that touched our lives and changed the world. New York, NY: Three Rivers Press.

Kurniawan, D. (2019). Perkembangan eSports di Indonesia dan dampaknya terhadap industri game. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Pratama, A. (2020). Sejarah dan perkembangan game online di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi, 6(2), 45–55.

Sensor Tower. (2021). Mobile Legends, PUBG Mobile, and Free Fire are the most downloaded mobile games in Indonesia. Retrieved from https://www.sensortower.com

Komalasari, N. R., Mulyadi, Ishak, F., & Heikal, J. (2024). Analysis of urban millennial's financial behavior: An ethnography study of Javanese and Minangnese on managing their salary in pursuing wealth. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 4(1), 96–107.

Meilany, H., Zarkasih, A. R., Michael, & Heikal, J. (2024). Prinsip pengelolaan usaha dalam mencapai sustainability pada culture pengusaha Chinese-Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 10(1), 88–94.

Wicaksono, M. S., Putri, J. H., Oktarini, D. I., & Heikal, J. (2024). Ethnographic study: Shared values analysis of Gen Y and Gen Z in participating in Pound Fit sports (Case study Pound Fit Pound Glory Jakarta). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1).

Humaira, P. S., Putri, A. N., Pratiwi, & Heikal, J. (2024). Shared value on Jakarta youth’s lifestyle and fashion on top of Korean wave using ethnography. Journal of Business, Management and Accounting, 6(1).

Setiawan, B., & Heikal, J. (2024). Success secret of top management Japanese employees in PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia by using ethnography theory.

Syakina, R. S., Sani, M. Y., & Heikal, J. (2024). Fenomena restoran all you can eat yang penuh reservasi pada saat bulan Ramadan di Jakarta menggunakan grounded theory. Jurnal Media Akademik, 2(7).

Fazarullah, D., & Heikal, J. (2024). Reflecting internalization and manifestation of Sundanese cultural values on leadership communication styles in the mining industry (An ethnographic study at PT Petrosea, Tbk.). Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 7(4).

Siswanto, A., & Heikal, J. (2024). Women in mining: An ethnographic study of heavy equipment operators in Indonesian coal industry. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 7(4).