Strategi Marketing Communication dalam Mengelola TikTok dan X untuk Meningkatkan Citra PT Bank Negara Indonesia

Main Article Content

Davina Elmaliya Salsabila
Guruh Ramdani
Harries Marithasari

Abstract

Komunikasi efektif berpengaruh pada kemudahan Individu dalam menyampaikan pesan, begitu juga dengan kelangsungan penyampaian pesan perusahaan. Salah satu perusahaan perbankan yang berhasil melakukan campaign melalui media sosial adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Penelitian bertujuan menganalisis pengelolaan media sosial TikTok dan oleh divisi marketing communication dalam meningkatkan citra BNI dengan pendekatan kualitatif deksriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, partisipasi aktif, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan media sosial TikTok dan X oleh divisi marketing communication PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. telah memanfaatkan berbagai langkah kreatif untuk meningkatkan citra perusahaan mulai dari tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Media sosial X BNI kini telah memaksimalkan banyak fitur dan kombinasi jenis konten guna menarik perhatian audiens X yang mampu meningkatkan engagement konten. Terdapat tantangan mencari ide, sehingga diperlukan strategi kreatif dan analisis tren dalam menjaga konsistensi daya tarik audiens

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salsabila, D. E., Ramdani, G., & Marithasari, H. (2025). Strategi Marketing Communication dalam Mengelola TikTok dan X untuk Meningkatkan Citra PT Bank Negara Indonesia. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 989–1002. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9464
Section
Articles

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; 1st ed.). CV. Syakir Media Press

Agung. (2024). Pentingnya Menjaga Citra Perusahaan The Importance of Maintaining The Company's Image. Landmar: Jurnal Pengabdian Masyarakat. [diakses 29 Jan 2025]. 2(2):37-42.

Alina, S. (2019). The Marketing Funnel As An Effective Way of The Business Strategy. Scientific Journal The Art of Scientific Mind. 16-18

Anastasya, RA. Winursito YC. 2024. Penerapan Ranah Digital Marketing Funnel untuk Meningkatkan Strategi Pernjualan Graha Office dengan Analisis SWOT. Jurnal Venus. 2(1):109-121.

Ardianto, E. (2019). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arief, N., Nurlalela. (2019). Public Relations in the Era of Artificial Intelligence: Bagaimana Big Data dan AI Merevolusi Dunia PR. PT Simbiosa Rekatama Media. PT Simbiosa Rekatama Media

Azizah, KN., Aully, M., Ulhaq, ND., Salim, CD., Afla, S. (2023). Perang di Twitter Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital (Analisis Jaringan Sosial Electronic Word-Of-Mouth dari Produk Dr Martens di Twitter). Jurnal Translitera. 12(1):79-84. https://doi.org/10.35457/translitera.v12i1.2228

Kustiawan, W., Hidayati, J., Daffa, V., Hamzah, A., Harmain, M., Fadli, A., Kuswananda, E. (2022). Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi. 1(2):73-76

Nanda, CS., (2022). Analisis Marketing Communication dalam Membangun Brand Image melalui Sosial Media Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL. 10(2):166-180

Novrian, A., Rizki, MF. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi. 9(1):81-91

Rona, NM., Sufa, SA., Ratnasasri, E. (2022). Aktivitas Digital Public Relations Dalam Akun Instagram @Ortuseight. Jurnal Medium. 10 (1):69-83. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9149

Rosmala, R. (2021). Fungsi Komunikasi Korporat Humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Profesi Humas. 5(2): 143-164. https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.28329

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Situmorang, SH., Lufti, M. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press

Susilowati., Armelsa, D., Duneti. (2022). Strategi Hubungan Masyarakat Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) dalam Membentuk Citra Positif. Jurnal Public Relations-JPR. 3(1):44-49.

Talitha, W. (2020). Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand Image PT Tokopedia. Jurnal Translitera.9(2):24-34