Metode yang Digunakan untuk Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Main Article Content

Friska Realita
Irani Adelia
Endang Susilawati

Abstract

Tujuan dari studi ini untuk melakukan review pada literature mengenai metode-metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Menggunakan literature review berupa narrative review dengan menggunakan pendekatan secara komprehensif dan deskriptif melalui pencarian literatur berupa Google Scholar menggunakan kata kunci “cara meningkatkan kemampuan bicara anak”, “stimulasi untuk meningkatkan kemampuan bicara anak” dan “kemampuan bicara anak menggunakan media boneka tangan dan kartu gambar berseri”. Metode kartu gambar berseri dan bercerita menggunakan media boneka tangan memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Usia yang sesuai dengan penggunaan metode kartu gambar berseri ini adalah 4-6 tahun sedangkan metode boneka tangan usia 5-6 tahun. keterampilan berbicara anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Realita, F., Adelia, I., & Susilawati, E. (2025). Metode yang Digunakan untuk Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(6), 2576–2585. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i6.12533
Section
Articles

References

Asep Supriatna, Sony Kuswandi, Moch Agus Ariffianto, Rian Permana Suryadipraja, T. T. (2022). Pembelajaran Bercerita Kelompok A Tkit Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang Yang Meniti Beratkan Pada Peletakan Dasar Kearah Pertumbuhan Dan Perkembangan Fisik Tinggi Supaya Anak Bisa Mamiliki Kecerdasan Yang Baik . Dengan Tujuan Anak Mampu Membawakan Cerita. 3(1), 37–44.

Azharin, B. P. (2022). Barrin Putra Azharin 1) Dosen Piaud Stit Muhammadiyah Tempurejo Ngawi 1) Email: 2(1).

Dessy Arfianty, I Made Suwasa Astawa, Baik Nilawati Astini, F. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri. 5(1). Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V5i1.2642

Eka Sumarni, Andi Adam, S. S. R. (2023). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di Ra Mardhati Skarda N-Iii Kecamatan Rappocini Kota Makassar Eka. 09.

Fadilla, C. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Anak. 3(4), 192–198.

Horwitz, S. M. C., Irwin, J. R., Briggs-Gowan, M. J., Bosson Heenan, J. M., Mendoza, J., & Carter, A. S. (2003). Language Delay In A Community Cohort Of Young Children. Journal Of The American Academy Of Child And Adolescent Psychiatry, 42(8), 932–940. Https://Doi.Org/10.1097/01.Chi.0000046889.27264.5e

Kati Payuyu, Abdul Rahmat, A. H. I. (2020). Implementasi Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Tolangohula. (September), 111–120.

Kurniawati, N., & Titi Rachmi. (2017). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4 - 5 Tahun Melalui Media Gambar Seri Di Tk Mentari Cipondoh. 5(2).

Marwah. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. 3(1), 34–42. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V3i1.76

Muliyana, & Eka Wardhana, K. (2022). Meningkatan Kemampuan Berbahasa Dengan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Borneo Early Childhood Education And Humanity Journal, 2(1), 53–62. Retrieved From Https://Www.Amesbostonhotel.Com/Pengertian-Anak-Usia-

Ni Made Ayu Putri Maharani, I Ketut Ardana, D. K. N. S. P. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar. 7(1), 25–35.

Ningsih, Tsalaatsa Qomariyah, R. H. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Pengembangan Bicara Anak Kelompok B , Penelitian Mengambil Lokasi Sekolah Tk Tunas Islam Sidoarjo , Yang Terletak Dijalan Pondok Buana Sidoarjo , Berada Dikecamatan Sidoarjo . Tk Tunas Is. 1–5.

Novindasari, Fahruddin, Ika Rachmayani, B. N. A. (2023). Efektifitas Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak. 5(1). Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V5i1.2816

Rahmatiana, F., Astawa, S., & Rachmayani, I. (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A. 4(4). Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V4i3.2292

Ramadhani, D., & Simatupang, N. D. (2014). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Tk Al-Ikhlas Surabaya. Jurnal Mahasiswa Unesa, 3(3), 1–5.

Shanie, A., & Nur Fadhilah, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 01–18. Https://Doi.Org/10.21580/Joecce.V1i1.6616

Sidhu, M., Malhi, P., & Jerath, J. (2013). Early Language Development In Indian Children: A Population-Based Pilot Study. Annals Of Indian Academy Of Neurology, 16(3), 371–375. Https://Doi.Org/10.4103/0972-2327.116937

Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. 1(1), 28–37.

Susriana Yusnira, R. A. (2021). Jurnal Pendidikan Terintegrasi Falkutas Ilmu Pendidikan Efektifitas Media Boneka Tangan Pada Kemampuan. 1, 1–15.

Ulfa, A., & Rakimahwati. (2020). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang. 5(2), 49–56.

Venti Indah Puspitasari, L. (2022). Science Project Sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara Pada Speech Delay Anak Usia Dini. Science Project Sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara Pada Speech Delay Anak Usia Dini, 2(1), 89. Retrieved From Http://Www.Nber.Org/Papers/W16019

Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80. Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V9i2.36877