Pengembangan Karakter Kepemimpinan pada Generasi Muda di Era Digital
Main Article Content
Abstract
Di era digital yang ditandai oleh perkembangan teknologi yang pesat, karakter kepemimpinan generasi muda menghadapi tantangan sekaligus peluang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kepemimpinan di era digital, faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter kepemimpinan pada generasi muda, serta peran teknologi dan media digital dalam membentuk gaya kepemimpinan saat ini. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis dokumen, ditemukan bahwa kepemimpinan transformasional menjadi semakin relevan, dengan penekanan pada adaptabilitas, komunikasi efektif, dan pemikiran kritis. Pengembangan karakter kepemimpinan pada generasi muda dipengaruhi oleh lingkungan sosial, akses terhadap pendidikan berkualitas, serta partisipasi aktif dalam organisasi pemuda. Namun, tekanan media sosial dan kurangnya pembinaan menjadi hambatan signifikan.Teknologi dan media digital memainkan peran penting dalam memperluas akses informasi, meningkatkan interaksi antara pemimpin dan pengikut, serta mendukung pengambilan keputusan melalui big data dan AI. Meskipun menawarkan banyak manfaat, penggunaannya juga menimbulkan tantangan etika dan psikologis yang harus dikelola secara bijak. Dengan demikian, pengembangan kepemimpinan pada generasi muda memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan kolaborasi antara lembaga pendidikan, organisasi pemuda, keluarga, dan pemerintah agar dapat melahirkan pemimpin yang tidak hanya cakap teknologi, tetapi juga memiliki integritas moral tinggi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aditya, R., & Prasetyo, Y. (2021). Digital Transformation and Leadership Development in Youth Organizations. Journal of Digital Leadership Studies, 6(2), 45–60. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Brown, M. S., & Mitchell, T. R. (2020). Ethical Leadership in the Digital Age: Challenges and Opportunities. Academy of Management Perspectives, 34(3), 387–401. New York: Academy of Management.
Chen, L., & Zhang, Y. (2022). Social Media Influence on Millennial Leadership Styles. International Journal of Leadership and Innovation, 10(1), 112–129. Shanghai: East China University of Science and Technology.
Doe, J., & Smith, A. (2019). The Role of Big Data in Contemporary Leadership Decision-Making. Harvard Business Review, 97(4), 78–85. Boston: Harvard Business School Publishing.
Fernandez, S., & Moldogaziev, T. (2020). Empowering Young Leaders through Digital Platforms: A Case Study Approach. Public Administration Review, 80(5), 703–714. Washington D.C.: Wiley Periodicals.
Garcia, R., & Lee, K. (2021). Digital Communication Skills for Effective Leadership in Remote Work Environments. Journal of Organizational Behavior, 42(6), 823–837. London: John Wiley & Sons.
Hartanto, A., & Putri, D. (2022). Character Building in Millennial Leaders: The Role of Social Support and Education. Asian Journal of Psychology and Education, 48(3), 210–225. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2017). Credibility as the Foundation of Charismatic Leadership. Leadership Quarterly, 28(4), 523–535. San Diego: Elsevier Inc.
Pew Research Center. (2020). The Next Generation of Leaders: How Millennials and Gen Z View Leadership and Civic Engagement. Pew Research Center Reports. Washington D.C.: Pew Research Center.
Pitunov, A. (2020). Membangun Karakter Kepemimpinan Generasi Z melalui Program Ekstrakurikuler. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(4), 301–315. Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Rahman, M., & Ismail, F. (2021). Digital Literacy and Its Influence on Youth Leadership in ASEAN Countries. International Journal of Educational Technology, 17(2), 122–139. Kuala Lumpur: Universiti Teknologi Malaysia.
Suryadi, T., & Wibowo, E. (2023). Transforming Leadership Through Artificial Intelligence: Opportunities and Ethical Dilemmas. Journal of Digital Ethics, 8(1), 44–60. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
World Economic Forum. (2021). The Future of Jobs Report 2021: Preparing for the Future of Learning, Skills, and Employment. Geneva: World Economic Forum.
Zenger, J., & Folkman, J. (2019). What Great Young Leaders Do Differently. MIT Sloan Management Review, 60(3), 45–52. Cambridge: MIT Press.