Pentingnya Kredibilitas dan Sikap Mental Pemimpin dalam Sebuah Organisasi
Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan adalah sebuah aktivitas mempengaruhi perilaku orang lain dan mengarahkannya untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam memimpin sebuah organisasi, kredibilitas pemimpin menjadi sangat penting. Kredibilitas pemimpin menjadi tolak ukur kualitas pemimpin yang dapat dipercaya. Dalam hal ini, seorang pemimpin perlu membangun kredibilitas dalam dirinya dengan bersikap jujur dan bertanggung jawab untuk membangun kepercayaan dari anggota. Dengan memiliki kredibilitas yang tinngi, kepemimpinan menjadi lebih efektif. Namun bukan hanya kredibilitas, sikap mental pemimpin juga ikut mempengaruhi motivasi dan kinerja yang luar biasa dari anggota dalam mencapai hasil yang terbaik. Maka dari itu seorang pemimpin harus memiliki beberapa karakter seperti semangat belajar yang tinggi, selalu memperbaiki diri, dan mampu menyesuaikan diri dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Avolio, B. J., & Bass, B. M. (2004). Multifactor Leadership Questionnaire Manual. Mind Garden Inc.
Berson, Y., Da'as, R., & Waldman, D. A. (2016). How do leaders and their teams bring about organizational learning and outcomes? The Leadership Quarterly, 27(3), 312–325. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.02.003
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.
Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2012). The Leadership Challenge (5th ed.). Jossey-Bass.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2020). Management (14th ed.). Pearson.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2022). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson Education.
Sari, M. D., Puspitasari, A. D., & Rachmawati, H. (2023). Kepemimpinan kredibel dan dampaknya terhadap loyalitas pegawai. Jurnal Manajemen dan Organisasi Indonesia, 12(2), 87–97. https://doi.org/10.14710/jmoi.v12i2.38411
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyowati, D., & Prasetya, A. (2022). Mental attitude of leaders and organizational effectiveness. Jurnal Psikologi dan Kepemimpinan, 10(1), 34–45.
Ulrich, D., Brockbank, W., Johnson, D., Sandholtz, K., & Younger, J. (2015). HR Competencies: Mastery at the Intersection of People and Business. McGraw-Hill Education.
Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson.
Yukl, G., & Mahsud, R. (2010). Why flexible and adaptive leadership is essential. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 62(2), 81–93.