Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fotosintesis Pada Siswa Lamban Belajar Di SDLB Bhakti Luhur Malang

Main Article Content

L. Puji Astutik
Inna Hamida Zusfindhana
Partiwi Ngayunigtyas Adi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep fotosintesis pada siswa lamban belajar di SDLB Bhakti Luhur Malang. Siswa lamban belajar cenderung mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak, seperti proses fotosintesis dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang konkret, visual, dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan perhatian, partisipasi aktif, serta pemahaman konseptual siswa terhadap materi fotosintesis. Guru juga menyatakan bahwa media tersebut sangat membantu dalam menyederhanakan materi dan menstimulasi semangat belajar siswa. Dengan demikian, media video animasi dinilai efektif sebagai alternatif pembelajaran berbasis visual untuk siswa berkebutuhan khusus, khususnya dengan hambatan kognitif seperti lamban belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astutik, L. P., Zusfindhana, I. H., & Adi, P. N. (2025). Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fotosintesis Pada Siswa Lamban Belajar Di SDLB Bhakti Luhur Malang. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1552–1558. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.11238
Section
Articles

References

Andriyani, N., & Rahmawati, F. (2020). Penggunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 102–110. https://doi.org/10.21009/JIPD.072.02

Damaianti, V. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Visual bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI Press.

Fitriyani, R. (2022). Penerapan Media Digital untuk Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 13(1), 45–56. https://doi.org/10.17509/jpk.v13i1.38921

Handayani, T. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus dengan Media Visual Interaktif. Jurnal Psikopedagogia, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v9i1.14967

Isjoni. (2021). Pendidikan Inklusif: Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, M., & Sugiarto, D. (2019). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Disabilitas Intelektual. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 5(2), 66–72.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, S. (2021). Peran Guru dalam Pemanfaatan Media Video Animasi untuk Pembelajaran IPA di SLB. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 15(2), 84–92. https://doi.org/10.24114/jplb.v15i2.27638

Santosa, H. B. (2021). Strategi Inovatif Pembelajaran Adaptif Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Santosa, R. (2021). Penelitian Kualitatif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, D. P., & Rahmah, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Edukatif Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 11(1), 12–20.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2020). Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 188–197.

Yuliani, E. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–142.