Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fotosintesis Pada Siswa Lamban Belajar Di SDLB Bhakti Luhur Malang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep fotosintesis pada siswa lamban belajar di SDLB Bhakti Luhur Malang. Siswa lamban belajar cenderung mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak, seperti proses fotosintesis dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang konkret, visual, dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan perhatian, partisipasi aktif, serta pemahaman konseptual siswa terhadap materi fotosintesis. Guru juga menyatakan bahwa media tersebut sangat membantu dalam menyederhanakan materi dan menstimulasi semangat belajar siswa. Dengan demikian, media video animasi dinilai efektif sebagai alternatif pembelajaran berbasis visual untuk siswa berkebutuhan khusus, khususnya dengan hambatan kognitif seperti lamban belajar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andriyani, N., & Rahmawati, F. (2020). Penggunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 102–110. https://doi.org/10.21009/JIPD.072.02
Damaianti, V. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Visual bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI Press.
Fitriyani, R. (2022). Penerapan Media Digital untuk Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 13(1), 45–56. https://doi.org/10.17509/jpk.v13i1.38921
Handayani, T. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus dengan Media Visual Interaktif. Jurnal Psikopedagogia, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v9i1.14967
Isjoni. (2021). Pendidikan Inklusif: Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, M., & Sugiarto, D. (2019). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Disabilitas Intelektual. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 5(2), 66–72.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu, S. (2021). Peran Guru dalam Pemanfaatan Media Video Animasi untuk Pembelajaran IPA di SLB. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 15(2), 84–92. https://doi.org/10.24114/jplb.v15i2.27638
Santosa, H. B. (2021). Strategi Inovatif Pembelajaran Adaptif Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Santosa, R. (2021). Penelitian Kualitatif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, D. P., & Rahmah, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Edukatif Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 11(1), 12–20.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, D. (2020). Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 188–197.
Yuliani, E. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–142.