Hubungan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Gunungtua
Main Article Content
Abstract
Perkembangan terhadap kunjungan pelanggan baru dengan pelanggan lama di ruang rawat inap RSUD Gunungtua pada tahun 2022-2024 dapat di lihat sebanyak kunjungan pasien baru mengalami kenaikan sebanyak 3.260 kunjungan naik menjadi sebesar 10.003 kunjungan serta kunjungan pasien lama dapat di lihat dari tahun 2022-2024 juga masih dapat mengalami kenaikan sebanyak 3.440 kunjungan menjadi sebanyak 24.261 kunjungan pasien. Tetapi berbeda aspek terhadap jumlah angka pada pemakaian tempat tidur rawat inap pasien di RSUD Gunungtua dari tahun 2022-2024 dapat di lihat hasil berjumlah 48,31%, dan jumlah tersebut tetap ada di antara parameter Depkes RI (2005) adalah sebesar 60%-85%. Dapat di simpulkan riset ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui terhadap adanya hubungan customer relationship marketing kepada loyalitas pengunjung pada RSUD Gunungtua. Jenis riset ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional.dapat di lihat angka sampel sebanyak 81 tanggapan (responden) pada penggunaan teknik Purposive Sampling. Menurut hasil uji korelasi Kendall Tau mendapatkan nilai p-value 0,003 < α (0,05) yang artinya masih ada hubungan signifikan terhadap customer relationship marketing kepada loyalitas pengunjung serta mendapat hasil sebanyak 0,321 yang berarti hubungan yang cukup erat terhadap pasien. Bisa dilihat kesimpulan riset ini mengenai adanya hubungan customer relationship marketing kepada loyalitas pengunjung yang ada di ruang rawat inap RSUD Gunungtua. Masukan yang diberikan oleh peneliti yaitu dapat mengharapkan adanya usaha atau tindakandari pihak manajemen pemasaran RSUD Gunungtua agar terus dapat meningkatkan cara agar strategi customer relationship marketing untuk lebih bisa meningkatkan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, Ahmad Y, Niniek Imaningsih. 2015. Analisis Pengaruh Relationship Marketing dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Sumber Kasih Surabaya. STIE ABI Surabaya dan UPN Veteran.
Assauri, Sofjan. 2018. Strategic Marketing. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Azwar, Saiffudin. 2011, Sikap Manusia dan Teori Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dimyati, Mohamad. 2018. Komparasi Pengaruh Relationship Marketing Dengan Membangun Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Manajemen, Volume X, Nomor 2, : 451-472.
Griffin, Jill. 2015. Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan.. Jakarta : Erlangga.
Purnamasari, S.E, dkk. 2020, 04 Januari. Peranan Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Relatioship Marketing Terhadap Loyalitas Pasien RS Nahdlatul Ulama Banyuwangi. Universitas Jember, Jember.
Setiawan, Supriyadi. 2021. Loyalitas Pelanggan Jasa. Bandung : PT Penerbit IPB Press.
Tamtama, N.N. 2017. Peran Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan Pemasang Iklan (Studi di Perusahaan Penerbit Media Cetak). Tesis, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Yunida, M.E. 2016. Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri). Skripsi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.