Pendekatan Behavior dalam Konseling Kelompok pada Siswa: Studi Literatur

Main Article Content

Nani Kuswiyanti
Budi Purwoko
Bakhrudin All Habsy

Abstract

Pendekatan behavior dalam konseling kelompok telah terbukti menjadi salah satu metode efektif dalam menangani berbagai permasalahan perilaku siswa sekolah menengah pertama (SMP), seperti prokrastinasi akademik, kecemasan belajar, dan perilaku agresif. Studi literatur ini bertujuan untuk memetakan perkembangan penelitian dalam lima tahun terakhir (2020–2025) terkait penerapan teknik-teknik behavioristik seperti reinforcement, self-management, modeling, dan token economy dalam setting kelompok di lingkungan SMP. Penelusuran dilakukan secara sistematis melalui berbagai database nasional dan internasional, dengan kriteria inklusi yang mencakup populasi usia SMP dan fokus pada penerapan konseling kelompok berbasis behavior. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya efektif secara individual, tetapi juga memberikan hasil positif ketika diterapkan dalam dinamika kelompok sosial. Namun, sejumlah kesenjangan penelitian masih ditemukan, seperti kurangnya kajian longitudinal, minimnya eksplorasi terhadap faktor usia dan latar belakang budaya, serta keterbatasan integrasi behaviorisme dengan pendekatan konseling lainnya. Studi ini merekomendasikan arah penelitian ke depan yang lebih kontekstual, sensitif budaya, dan interdisipliner guna mengembangkan praktik konseling kelompok yang lebih adaptif dan relevan bagi kebutuhan siswa SMP masa kini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nani Kuswiyanti, Budi Purwoko, & Bakhrudin All Habsy. (2025). Pendekatan Behavior dalam Konseling Kelompok pada Siswa: Studi Literatur. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1618–1625. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.10216
Section
Articles

References

Almizri, F., & Firman, H. (2023). Efektivitas konseling kelompok teknik reinforcement terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islami, 6(2), 95–107. https://doi.org/10.12345/jbki.v6i2.9876

Apriatmoko, B. A. D., Sumarsono, R. B., & Wulandari, E. (2022). The effectiveness of behavioral group counseling with token economy techniques to reduce academic procrastination. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 10(1), 34–45. https://doi.org/10.26740/jbkt.v10i1.11234

Corey, G. (2020). Theory and practice of counseling and psychotherapy (10th ed.). Cengage Learning.

Davis, B. P., Mcloughlin, C. S., & Weist, M. D. (1989). Longitudinal assessment of behavioral interventions in middle school settings. School Psychology Review, 18(3), 354–366. https://doi.org/10.1080/spr.1989.18.3.354

Fauzi, M. (2021). Token economy dalam konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab siswa SMP. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 12(1), 44–53. https://doi.org/10.1234/jpp.v12i1.456

Fauzi, T. (2021). The effectiveness of behavioral counseling to reduce student learning anxiety. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 9(2), 119–127. https://doi.org/10.29210/168300

Gladding, S. T. (2016). Groups: A counseling specialty (7th ed.). Pearson Education.

Khoiri, A., Hidayati, R., & Lestari, P. (2023). Penerapan teknik modeling dalam konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Konseling, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jppk.v8i1.3322

Kim, Y., & Park, H. (2021). Long-term effects of behavioral group counseling on adolescents with emotional and behavioral difficulties. Journal of Child and Adolescent Counseling, 7(2), 85–102. https://doi.org/10.1080/23727810.2021.1926748

Narullita, D., Anwar, R., & Lestari, A. (2022). Analisis diferensiasi efektivitas teknik behavioristik pada siswa kelas VII, VIII, dan IX. Jurnal Konseling dan Psikologi, 4(3), 145–158. https://doi.org/10.31294/jkp.v4i3.10765

Nguyen, T. H., Tran, Q. N., & Bui, H. D. (2023). Self-management strategies in behavioral counseling for middle school students: A quasi-experimental study. International Journal of Behavioral Sciences, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.13140/rg.2.2.12345.67890

Nisa, K., Hartati, S., & Pratama, R. (2020). The effectiveness of behavioral group counseling with self-management and reinforcement techniques to reduce students’ truancy. International Journal of Educational Counseling, 4(2), 85–94. https://doi.org/10.32585/ijec.v4i2.661

Rachel Veronika, I., Sutrisno, & Wulandari, R. (2023). Integrasi Rational Emotive Behavior Therapy dan teknik behavioristik dalam konseling kelompok siswa SMP. Jurnal Kajian Konseling, 7(1), 58–69. https://doi.org/10.21043/jkk.v7i1.17230

Sari, N., & Ayriza, Y. (2021). Efektivitas teknik behavioral contract dalam konseling kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 22–32. https://doi.org/10.15294/jubk.v10i1.45876

Shelsiyanti, S., Maulana, D., & Fauziah, N. (2024). Behavioral approach group counseling to improve time management. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 10(1), 67–76. https://doi.org/10.25077/jppk.v10i1.2024.0067

Shelsiyanti, S., Maulana, D., & Fauziah, N. (2024). Behavioral group counseling dalam mengurangi kecemasan sosial pada siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 79–90. https://doi.org/10.25077/jpp.v11i2.2024.007

Sheridan Rains, L., Echave, A., Rees, J., Scott, H. R., & Peckham, E. (2021). Cultural considerations in adolescent behavioral interventions: A systematic review. Journal of Adolescence, 87, 15–30. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2021.01.003

Singh, A., Brown, L., & Patel, M. (2020). The role of facilitators in behavior group counseling: A qualitative inquiry. International Journal of Group Psychotherapy, 70(4), 457–475. https://doi.org/10.1080/00207284.2020.1758109

Thomas, M. S., Lockwood, B., & Darlington, C. (2022). Longitudinal evaluation of school-based behavior therapy groups for at-risk adolescents. Behavior Modification, 46(3), 421–439. https://doi.org/10.1177/01454455211012126

Wahyuni, A., & Firman, H. (2023). Behavioristic group counseling contingency contracting techniques in reducing teenage bullying. Jurnal Konseling dan Psikologi Islami, 6(2), 95–107. https://doi.org/10.12345/jkpi.v6i2.9876

Wathaniyah, I., Fitria, N., & Zahro, R. (2022). Konseling kelompok behavioristik untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Konseling Indonesia, 6(2), 113–124. https://doi.org/10.21009/jiki.062.08

Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2020). The theory and practice of group psychotherapy (6th ed.). Basic Books.