Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Kopi Kenangan (Studi Kasus Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan Price Perception terhadap Purchase Interest pada Kopi Kenangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan angkatan 2021–2023 yang telah mengonsumsi Kopi Kenangan sebanyak 1.630 orang. Responden yang terpilih sebanyak 130 orang dengan menggunakan rumus Hair. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan analisis data menggunakan Multiple Linear Regression dengan program SPSS 27.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Viral Marketing, Brand Image, dan Price Perception berpengaruh signifikan terhadap Purchase Interest, ditunjukkan dengan nilai F-hitung sebesar 79,700 > F-tabel 2,68 dan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,647 yang berarti sebesar 64,7% variasi Purchase Interest dipengaruhi oleh ketiga variabel bebas tersebut, sedangkan sisanya sebesar 35,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Secara parsial, Pemasaran Viral (nilai T = 3,272) dan Persepsi Harga (nilai T = 15,047) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Namun, Citra Merek (nilai T = 0,338 < T tabel 1,657) tidak berpengaruh signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pemasaran Viral dan Persepsi Harga berpengaruh positif terhadap Minat Beli Kopi Kenangan di kalangan mahasiswa, sedangkan Citra Merek tidak berpengaruh.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azman, H. A., & Riski, T. R. (2016). Pengaruh Atmosphere Ritel Terhadap Keinginan Membeli Masyarakat Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi, 21(02), 196–212.
Hasibuan, M. Z., & Siregar, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 4(1), 198–203.
Herinama, A., & Setiawan, Y. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Experiential marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang produk Mixue Ice Cream & Tea Pada gen Z. Jurnal Manajemen, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.54964/manajemen.v10i1.449
Hidayat, M., & Simanjorang, F. (2024). Pengaruh Brand Imagedan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Belangganan Video On Demand Netflix Di Kota Medan(Studi Pada Mahasiswa Kota Medan). Neraca : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3, 709–718.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2011). Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance. Business Horizons, 54(3), 253–263. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.006
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Li, X. G., Wang, X., & Cai, Y. J. (2011). Corporate-, product-, and user-image dimensions and purchase intentions: The mediating role of cognitive and affective attitudes. Journal of Computers, 6(9), 1875–1879. https://doi.org/10.4304/jcp.6.9.1875-1879
Prayogo, A., Fauzi, A., Bagaskoro, D. S., Alamsyah, F. A., Tonda, F., Hafidz, M. K., … Wijaya, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(4), 754–763. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: Indeks Gramedia Grup.
Tjiptono, F. (2008). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.