Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pembelian Impulsif dan Dampaknya Pada Risky Credit Behavior

Main Article Content

Lulu Aulia Nurmalasari Aulia
Susilawati Susilawati

Abstract

Perkembangan fintech, khususnya layanan PayLater, telah memfasilitasi ketersediaan kredit yang lebih besar di Indonesia, namun juga menyebabkan perilaku konsumen yang tidak terkendali, terutama pada kalangan anak muda.  Gaya hidup yang cenderung konsumtif dan kurangnya literasi keuangan menyebabkan pembelian impulsif, yang meningkatkan kemungkinan masalah kredit dalam jangka panjang. Masalah ini mengindikasikan adanya keterputusan antara kemampuan manajemen keuangan dan kemudahan akses kredit, yang dapat berdampak buruk pada stabilitas keuangan individu di masa depan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap pembelian impulsif dan dampaknya pada risky credit behavior. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan berbasis data kuantitatif. deskriptif. Penelitian ini memakai data primer yang berbentuk kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat berdomisili di Kota Bandung dengan rentang usia 20-24 tahun yang menggunakan layanan PayLater. Sebanyak 100 responden dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini memanfaatkan perangkat lunak SPSS versi 30 dan menerapkan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu literasi keuangan berpengaruh negatif serta signifikani terhadapi pembelian iimpulsif; gaya hidup iberpengaruh positif serta signifikani terhadapi pembeliani impulsif; dan pembelian impulsif iberpengaruh positif dan signifikani terhadapi risky credit behavior. Secara simultan, literasi keuangani dan gaya hidupi mempunyai pengaruh yang signifikani terhadap pembelian impulsif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aulia, L. A. N., & Susilawati, S. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pembelian Impulsif dan Dampaknya Pada Risky Credit Behavior. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(6), 8423–8432. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i6.9479
Section
Articles

References

Arrezqi, M. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKUKONSUMTIF MAHASISWA. Journal Syntax Idea, 6(7).

Asari, A., Misbahul Munir, M., Sri Gustini, M., Valentine Siagian, Ms., Rasjid, H., Siti Inayatul Faizah Ulfi Pristiana, M., & Abdurohim, Ms. (2023). LITERASI KEUANGAN (1st ed.). Malang: Madza Media. www.madzamedia.co.id

Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3), 2010–2020. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601

BBCNews. (2022). Akibat 'beli sekarang bayar nanti', banyak anak muda terjerat utang paylater ‘Saya tidak bisa kredit rumah’. Retrieved November 6, 2024, from https:/www.bbc.com/indonesia/articles/cml0eempvkno.

Detikfinance. (2024). OJK Sebut Anak Muda Gemar Utang Paylater, Paling Banyak buat Fesyen. Retrieved November 6, 2024, from https:/finance.detik.com/fintech/d-7574915/ojk-sebut-anak-muda-gemar-utang-paylater-paling-banyak-buat-fesyen

Dea Anisa, S., & Saepuloh, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Diera Gen Z (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cipatik). 501–509.

Dwi Budiliana, N., & Saepuloh, C. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Kota Cimahi. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(4), 2300–2312. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2552

Feriyanto, O., Qur’anisa, Z., Herawati, M., Lisvi, & Helmalia Putri, M. (2024). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Akses Keuangan Di Era Digital. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 99–114. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1573

Gunawan, A., & Faadillah Carissa, A. (2021). THE EFFECT OF FINANCIAL LITERATURE AND LIFESTYLE ON STUDENT CONSUMPTION BEHAVIOR (STUDENT CASE STUDY DEPARTMENT OF MANAGEMENT FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA). International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration, 1(1), 79–86.

Hidayat, R., & Aceng Kurniawan. (2024). Effect of Financial Literacy and Use of Financial Technology (FinTech) on Financial Behavior. Social Science Studies, 4(4), 279–291. https://doi.org/10.47153/sss44.10882024

Juni P, D. (2020). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Kamil, I., Ariani, M., & Irawan, I. A. (2024). The influence of lifestyle and financial literacy on online paylater system and its impact on spending behavior. Journal of Economics and Business Letters, 4(2), 51–62. https://doi.org/10.55942/jebl.v4i2.285

Kompas. (2024). OJK: Ada Cicilan “Paylater” Anak Muda Sampai 95 Persen dari Penghasilan. Retrieved November 6, 2024, from https:/money.kompas.com/read/2024/01/22/133800326/ojk--ada-cicilan-paylater-anak-muda-sampai-95-persen-dari-penghasilan--

Liu, L., & Zhang, H. (2021). Financial literacy, self-efficacy and risky credit behavior among college students: Evidence from online consumer credit. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 32, 100569.

Liputan6. (2024). Rasio Kredit Macet Paylater Sentuh 2,82%. Retrieved November 6, 2024, from https:/www.liputan6.com/bisnis/read/5696145/rasio-kredit-macet-paylater-sentuh-282?page=2

Nurjanah, S., Sadiah, A., & Gumilar, R. (2023). GLOBAL EDUCATION JOURNAL Pengaruh Literasi Ekonomi, Kontrol Diri, dan “FOMO”, terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Milenial. Global Education Journal, 1(3), 191–206.

Ramadany, C., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Generasi Milenial Dan Generasi Z Diindonesia. YUME : Journal of Management, 6(1), 606–614.

Ritakumalasari, N., & Susanti, A. (2021). LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, LOCUS OF CONTROL, DAN PARENTAL INCOME TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1440–1450.

Rosiana Fadillah, N., Yuliani, Mp., Maria Josephine Tyra, M., Elliyana, E. S., Surianti MAdm, M., Rostini, S., Gazali, M. H., Irma Sucidha, Ms., Verawaty, M. M., Erwin, M., & Elia Ardyan, M. E. (2022). Perilaku Konsumen Penerbit: AHLIMEDIA PRESS (A. Hawa Nadana, Ed.; 1st ed.). Ahlimedia Press. www.ahlimediapress.com

SNLIK OJK&BPS. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan

Surya, N., & Evelyn. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit Behaviour dalam Penggunaan PayLater. 12(1), 2023.

Syelfiyola Rosadi, D., & Andriani, I. (2023). Hubungan Impulsive Buying dengan Perilaku Berhutang pada Pengguna Pinjaman Online. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3655–3664. https://doi.org/10.24815/jimps

Winarti, W., & Suryanita Supyan, I. (2021). Peranan Literasi Keuangan Dalam Mengatur Perencanaan Keuangan Individu.

Most read articles by the same author(s)