Pengaruh Layout dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dimediasi Kualitas Produk pada Toko Serba 35 Ribu di Kecamatan Manggelewa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layout dan harga terhadap minat beli konsumen dimediasi kualitas produk pada toko serba 35 ribu Di Kecamatan Manggelewa. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan jumlah responden 135 yang ditentukan dengan teknik Accidental Sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah didistribusikan dalam bentuk google form kuesioner online. Alat analisa yang digunakan SEM-PLS v3 untuk menganalisa hipotesa yang sudah dibangun. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel langsung layout tidak berpengaruh terhadap minat beli (t-statistik 1,469> 1,96; P=0,143> 0,05), layout berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kualitas produk (t-statistik 2,873> 1,96; P=0,004< 0,05), harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas produk (t-statistik 7,303> 1,96; P=0,000< 0,05), harga tidak berpengaruh terhadap minat beli (t-statistik 1,911>1,96; P=0,057> 0,05), kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (t-statistik 6,149>1,96; P=0,000< 0,05), sedangkan untuk variabel tidak langsung layout berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dimediasi kualitas produk (t-statistik 3,046> 1,96; P=0,002< 0,05), dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dimediasi kualitas produk (t-statistik 3,960> 1,96; P=0,000> 0,05).
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abid.Muhtarom , Muhamad Imam Syairozi, R. D. R. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli Prodi.Magister.Manajemen , Universitas.Islam.Lamongan 1 , Prodi Manajemen. 16(1).
Aina, C., Salfadri, U. ;, & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Alat-Alat Kesehatan Pada Pt. Tirta Medical Indonesia Cabang Padang The Influence Of Product Quality, Price And Promotion On Productbuying Interest Healt Equipment In Pt. Tirta Medical . Jm, 3(3), 418–430.
Alfamidi, M., Lima, D., Poka, D., & Kota, K. (2024). Pengaruh Tata Letak Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada. 17(3), 456–467.
Ali Mauludi, & Alfina Medytarisa. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga, Kelengkapan Produk Dan Display Layout Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Grosir Wijaya Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(5), 649–666. Https://Doi.Org/10.53625/Juremi.V2i5.5184
Asiyah, S., & Hariri, H. (2021). Perilaku Konsumen Berdasarkan Religiusitas. Perisai : Islamic Banking And Finance Journal, 5(2), 158–166. Https://Doi.Org/10.21070/Perisai.V5i2.1533
Fauzan, A., Rohman, A., Produk, K., & Beli, M. (2019). Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. 9, 104–113.
Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V8i2.1081
Hair Et Al. (2020). Esensi Metode Penelitian Bisnis. Baru. York: Grup Taylor & Francis.
Halim, R., & Hamzah, M. I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Promosi Sebagai Variabelintervening Pada Kosakata Apparel. (Jebi) Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 15(1), 18. Www.Jurnal.Stiebi.Ac.Id
Iswahyudi, R., & Prabawati, A. (2022). Pengaruh Store Layout Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Lingga Mart. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 3(1), 13. Https://Doi.Org/10.37849/Mici.V3i1.267
Kholid, A. N., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Product Layout, Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Nusantara Mart Kec Sumberrejo Kab Bojonegoro. Bima : Journal Of Business And Innovation Management, 6(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.33752/Bima.V6i1.5290
Lestari, S. (2023). Pengaruh Layout Terhadap Minat Beli Ulang. Keizai, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.56589/Keizai.V4i1.308
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i4
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1), 39–53. Https://Doi.Org/10.21831/Jim.V19i1.49600
Milansari, H., Silmi, M. A., Vhegi, S., & Supriadi, I. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Sweetin. 4(1), 1–10.
Octavini, N. A., Nurhasanah, I. A., & Syafei, M. B. (2022). Pengaruh Lokasi, Tata Letak, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Usaha Ritel Toko Parjo Way Jepara). Journal Of Economic And Business Retail, 1(2), 29. Https://Doi.Org/10.69769/Jebr.V1i2.36
Rizal, M., & Irawan, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt . Satria Nusantara Jaya. 05.
Subagio, N. A., Munir, A., & Maulidah, H. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Aqiqah Karya Tanjung Farm Mojokerto. Ijabah, 1(1), 24–33. Https://Doi.Org/10.19184/Ijabah.V1i1.266
Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89. Https://Doi.Org/10.19184/Ejeba.V8i1.19502
Tsaniya, R., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kedai Kopi Nau Kecamatan Seririt. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(1), 32–39. Https://Doi.Org/10.23887/Jmpp.V5i1.34390
Yuanita, I. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Serba 35 Ribu Padang. 12(Desember), 1–7.