Analisis Persepsi Guru Tentang Motivasi Belajar Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Negeri 1 Toraja Utara

Main Article Content

Sitti Hadijah Bakkarang
Hariany Idris
M. Ridwan Tikollah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru tentang Motivasi Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Toraja Utara. Variabel penelitian ini adalah Motivasi Belajar Siswa (X), Penerapan Kurikulum 2013 (Y1) dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (Y2). Populasi penelitian ini adalah Seluruh Guru SMK Negeri 1 Toraja Utara yang berjumlah 88 orang, sedangkan sampel penelitian adalah guru akuntansi dan guru ekonomi yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji kelayakan instrumen, uji data dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian (1) berdasarkan hasil analisis persepsi guru tentang motivasi belajar siswa lebih meningkat pada saat penerapan kurikulum merdeka belajar dibanding pada saat penerapan kurikulum 2013 dengan persentase rata-rata sebesar 82,96% menjadi 84,18%, (2) berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara motivasi belajar siswa pada saat penerapan kurikulum 2013 dan pada saat penerapan kurikulum merdeka belajar siswa di SMK Negeri 1 Toraja Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sitti Hadijah Bakkarang, Hariany Idris, & M. Ridwan Tikollah. (2024). Analisis Persepsi Guru Tentang Motivasi Belajar Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Negeri 1 Toraja Utara. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 2040–2048. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.5624
Section
Articles