Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko GSB Keramik Kota Gunungsitoli

Main Article Content

Onekhesi Telaumbanua
Otanius Laia
Idarni Harefa
Maria Magdalena Batee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko GSB Keramik Kota Gunungsitoli. Permasalahan penelitian didasari oleh adanya ketidaksesuaian harga produk yang relatif lebih tinggi dibanding toko lain, sehingga berpengaruh terhadap penurunan keputusan pembelian konsumen.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 30 responden yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 25 menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,950 menunjukkan hubungan yang kuat, sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 90,3% mengindikasikan bahwa harga menjelaskan 90,3% variasi keputusan pembelian, dan sisanya 9,7% dipengaruhi faktor lain. Uji t membuktikan bahwa thitung (16,134) > ttabel (2,048), sehingga hipotesis penelitian diterima.Implikasi penelitian ini secara teoritis memperkuat konsep Kotler & Keller (2016) bahwa harga merupakan salah satu faktor utama dalam keputusan pembelian. Secara praktis, hasil ini memberikan masukan bagi manajemen Toko GSB Keramik untuk menetapkan strategi harga yang lebih kompetitif agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Telaumbanua, O., Otanius Laia, Idarni Harefa, & Maria Magdalena Batee. (2025). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko GSB Keramik Kota Gunungsitoli. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(6), 9524–9530. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i6.11537
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.